Pramuka Sleman; Belajar Filateli

Pramuka Sleman; Belajar Filateli

Jakarta, Kabarindo- Minimnya minat para pelajar Yogyakarta untuk belajar tentang hobi mengumpulkan - prangko atau benda - benda administrasi pos atau sering disebut dengan Filateli tidak mengurungkan niat para pramuka sleman untuk belajar berkreatifitas dengan Filateli.

Filateli bukan sekedar hobi, tapi Filateli merupakan sebuah hobi yang luar biasa, mengajarkan bagaimana mengarsip sebuah dokumen , mendokumentasikan sejarah dan juga belajar tentang sejarah negara. Selain itu , filateli juga mengajarkan tentang menulis surat.

Surat menyurat yang sudah mulai ditinggalkan di Indonesia, sesungguhnya surat-menyurat merupakan hobi yang mengasikan, dimana menulis surat mempunyai hal positif seperti ekspresi diri, citra diri, memberikan gagasan atau ide, selain itu baik buat kesehatan atau obat stress karena ide-ide dalam pikiran dituangkan kedalam tulisan untuk diinformasikan ke orang lain. Negara-negara maju seperti Belanda, Jerman, Perancis, Inggris, Jepang masih senang dengan budaya menulis surat atau menginformasi keadaan kita dengan berkirim surat kepada saudara maupun teman..

Hobi filateli merupakan hobi positif yang dapat dijadikan kegiatan  para anggota Pramuka atau pelajar, daripada bermain atau mendekatkan diri dengan hal negatif, lebih baik mempunyai hobi positif salah satunya Filateli ini. Selain bisa berkreatifitas dengan Filateli yang mengajarkan tentang nilai nilai budaya, dapat mencerdaskan bangsa, menambah pengetahuan, dan mendorong kreatifitas, kata Bambang Pamungkas, Pengurus Dewan Kerja Cabang Pramuka Sleman saat mengunjungi dan belajar Filateli di Kantor Pos Yogyakarta beberapa waktu lalu.

Sebagai hobi yang aktif, rekreatif dan edukatif sangat potensial untuk di ajarkan secara berulang-ulang kepada pelajar maupun guru. Pengurus Filatelis Indonesia DIY akan selalu menerima bagi sekolah-sekolah untuk belajar dan berprestasi dengan Filateli. Karena Filateli merupakan hobi sekaligus berprestas sepanjang hidup, kata ketua harian pelaksana, Nashrul Jihadan.