Presiden Jokowi; Siap Resmikan Satelit Lapan A2

Presiden Jokowi; Siap Resmikan Satelit Lapan A2

Jakarta, Kabarindo- Presiden Joko Widodo.

Ia dijadwalkan akan meresmikan pelepasan Satelit Ekuatorial Pertama Indonesia LAPAN-A2/LAPAN-ORARI di Kabupaten Bogor, Kamis hari ini.

Rencananya pelepasan Satelit LAPAN A2 ini akan dilakukan di Pusat Teknologi Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) di Rancabungur, Kabupaten Bogor.

Satelit LAPAN-A2 merupakan satelit murni karya anak bangsa, dan penerus dari pendahulunya LAPAN A1 yang pembuatannya dilakukan di Jerman.

Satelit LAPAN-A2 mengemban tiga misi utama yakni melakukan pemetaan bumi, pemantauan kapal laut dan komunikasi amatir.

Satelit mikro tersebut akan mengorbit dekat akuatorial, yang akan lebih sering melintasi Indonesia selama 1,5 jam sekali.

Area pengamatan hingga ribuan kilometer dimungkinkan dengan Spaceborne Receiver Automatic Identification System. Sistem itu memungkinkan LAPAN-A2 melakukan pemantauan lalu lintas kapal, operasi keamanan laut, perikanan, dan eksplorasi sumber daya kelautan Indonesia.

Untuk pemantauan wilayah RI, satelit LAPAN-A2 membawa kamera analog dengan resolusi lima meter dan kamera digital dengan resolusi empat meter. Sementara itu untuk misi komunikasi amatir yang disematkan pada LAPAN-A2 bertujuan untuk komunikasi pada mitigasi bencana.

Satelit ini dilengkapi kamera dengan resolusi 4 sampai 5 meter, dengan lebar satuan yang berbeda seperti dilansir dari laman antaranews.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menjadwalkan peluncuran satelit terbaru besutan anak bangsa LAPAN-A2 pada September 2015 di India.