Presiden RI SBY; Pastikan Kesiapan BPJS

Presiden RI SBY; Pastikan Kesiapan BPJS

Surabaya, Kabarindo- Presiden Susilo Bambang Yudhoyono didampingi Ibu Negara Ani Yudhoyono meninjau kesiapan pelaksanaan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosisal (BPJS) bidang kesehatan di Surabaya, Sabtu.

Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Pucang Sewu dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Soetomo menjadi pilihan peninjauan pelayanan kesehatan oleh Presiden Yudhoyono.

Sejumlah menteri turut dalam peninjauan yakni Menteri Perindustrian MS Hidayat, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Menteri Pekerjaan Umum Djoko Kirmanto, dan Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan.

Selain itu, Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi, Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo, Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, serta Sekretaris Kabinet Dipo Alam.

Presiden memulai peninjauan dari Puskesmas Pucang Sewu. Presiden bersama Ibu Negara tiba di Puskesmas sekitar pukul 13.20 WIB.

Sejak pagi, Puskesmas Pucang Sewu tak pernah sepi dari pasien yang mengantre untuk mendapat pelayanan kesehatan.

Presiden mengawali peninjauannya di loket pendaftaran pasien untuk BPJS kesehatan. Presiden pun berkomunikasi dengan pegawai loket dan berpesan agar masyarakat dilayani dengan baik.

Presiden kemudian berkeliling Puskesmas dan meninjau beberapa poliklinik serta ruangan yang ada. Puskesmas ini memiliki beberapa poliklinik, diantaranya poliklinik umum, gigi, psikologi, dan poli khusus lansia.

Isti (72), warga Gubeng, Surabaya, yang menjadi salah satu pasien lansia di Puskesmas tersebut mengatakan, sampai saat ini dirinya belum mengetahui caranya memperoleh kartu untuk BPJS. Ia mengaku menggunakan kartu ASKES, dan dilayani dengan baik.

"Katanya ASKES kan langsung terdaftar, apa nanti kartunya dikirimkan atau bagaimana ya, tapi selama ini engga ada masalah gunakan ASKES," kata Isti yang telah berada di Puskesmas sejak pukul 08.00 WIB untuk menyambut Presiden.

Sementara itu, setelah meninjau Puskesmas Pucang Sewu, Presiden Yudhoyono menuju RSUD Dr Soetomo. Presiden juga meninjau langsung loket pendaftaran untuk pasien BPJS.

Presiden kemudian meninjau ruangan pasien, menemui dan menyapa dua pasien yang masuk ke rumah sakit pada hari itu, Agus Rianto (17) dan Andre Setiawan (12).

Sukatmi (57), ibu kedua anak tersebut mengatakan, anaknya masuk ke RS Dr Soetomo pada Sabtu siang (4/1) dan ia menggunakan Jamkesmas untuk kedua anaknya itu.

Selain loket pendaftaran dan ruangan pasien, Presiden juga meninjau Unit Gawat Darurat seperti dilansir dari laman antaranews.