Prisia Nasution; Ikut Hadir Konser Aun J

Prisia Nasution; Ikut Hadir Konser Aun J

Jakarta, Kabarindo - Aktris Prisia Nasution ingin ikut memperkenalkan musik tradisional kepada anak-anak muda agar mereka tertarik untuk mempelajari dan melestarikannya.

Usai pembukaan konser grup musik tradisional Jepang Aun J pada Senin malam (9/12), ia mengatakan saat ini musik tradisional mulai ditinggalkan anak muda dan proyek kolaborasi bisa menjadi salah satu sarana untuk membawa kembali musik tradisional ke kaum muda.

Peraih penghargaan sebagai Aktris Terbaik Festival Film Indonesia 2011 untuk perannya dalam film "Sang Penari" itu mencontohkan, proyek semacam konser kolaborasi Aun J dan Kabumi UPI Bandung bisa menjadi sarana efektif untuk memperkenalkan musik tradisional ke kaum muda.

"Kolaborasi Aun J dan Kabumi UPI ini bagus sekali. Dua kultur yang sebenarnya sangat berbeda bisa digabung dan ternyata bisa nyambung serta dinamis, jadi sangat menarik," kata Prisia, yang akrab disapa Pia.

"Konser ini menarik, mereka mengenalkan musik tradisional dengan alat-alat musik tradisional, tetapi pendekatannya modern," tambah dia.

Penggunaan pendekatan modern seperti itu, menurut Pia, lebih mudah menarik anak-anak muda menikmati musik-musik tradisional.

"Aku berharap musik tradisional Indonesia juga didukung semua pihak sehingga bisa maju dan dikembangkan ke arah modern, jadi ada kolaborasinya," kata dia seperti dilansir dari laman antaranews.

Kelompok musik Kabumi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang beranggotakan Syafrudin (perkusi), Deri Wardani (kecapi), dan Elang Rahayu (seruling) tampil bersama Aun J.

Kabumi memainkan lagu Sunda "Es Lilin", "Badminton" dan "Furusato" (Kampung Halaman).

Sementara Aun J membawakan lagu "Hana" (Bunga), "Aoi Bara" (Mawar Biru), "Playback", "Furusato" dan "Umi no Michi" (Jalan Lautan).