Produk Belt Indonesia; Masuk Pasar Otomatif Rusia

Produk Belt Indonesia; Masuk Pasar Otomatif Rusia

Jakarta, Kabarindo- Salah satu produsen belt Indonesia, Supreme Belting untuk pertama kalinya berpartisipasi dalam penyelenggaraan 19th International Exhibition of Moscow International Motor Show (MIMS) Automechanika, yang digelar di Moskow dari tanggal 24 hingga 27 Agustus lalu.

Dalam pameran ini ditampilkan berbagai produk otomotif seperti spare parts, komponen otomotif, maupun peralatan untuk pemeliharaan otomotif dan asesoris mobil, demikian keterangan KBRI Moskow seperti dilansir dari laman antaranews.

Keikutsertaan Supreme Belting Indonesia langkah awal untuk memasuki pasar otomotif Rusia dengan membawa brand Indonesia, yaitu Maxbelt, yang selama ini Indonesia banyak memasok produk otomotif untuk berbagai perusahaan otomotif terkenal di Eropa dengan menggunakan brand perusahaan pemesan sehingga brand Indonesia sendiri belum begitu dikenal.

Dalam pameran otomotif di Eropa, dipamerkan berbagai produk mutakhir buatan negara sudah dikenal memiliki teknologi otomotif terkini, seperti Jerman, Perancis, Italia ataupun Inggris. Sementara dari Asia, masih didominasi Jepang dan Korea Selatan.

Indonesia memiliki peran dalam industri otomotif dunia, antara lain sebagai produsen spare part atau komponen otomotif berkualitas yang mendapat perhatian pemerintah agar produk otomotif Indonesia semakin dikenal di kalangan pecinta otomotif dunia.

Pameran MIMS Automechanika diikuti 1.338 peserta dari 39 negara, dengan brand yang sudah sangat dikenal pecinta otomotif, diantaranya Aisin, BMW Group Russia, Bosch, Mercedes-Benz RUS, Brembo, Brisk, Carvile, Delphi, Denso, Exedy Clutch Europe, Gates dan GAZ Group.

Beberapa negara yang hadir dengan menampilkan paviliun nasionalnya antara lain Italia, Spanyol, Turki, Singapura, Korea Selatan, Armenia, Taiwan, Kroasia dan Republik Ceko. Sementara perusahaan-perusahaan dari Jerman menampilkan berbagai produk, jasa dan teknologi di area khusus untuk produk Jerman

Produk belt yang dihasilkan Supreme Belting Indonesia telah mengantongi sertifikat ISO 9001:2008 dan merupakan produsen power transmission belt pertama di Indonesia.

Produksi perusahaan Indonesia yang masuk pasar Rusia dan memiliki pasar yang baik, khususnya untuk produk filter dengan brand Sakura Filter, yang diproduksi Group ADR dengan standar ISO/TS dan telah diuji dengan ISO/IEC 17025:2005.

Partisipasi perusahaan Indonesia dalam ajang MIMS Automechanika perlu mendapat perhatian termasuk pemberian kemudahan mengikuti pameran di luar negeri, baik yang terkait pendanaan maupun strategi promosi dan pemilihan pameran yang potensial.

Produk Indonesia di Rusia cukup dikenal karena memiliki kualitas dibandingkan dengan produk sejenis dari negara lain namun perlu ditingkatkan adalah promosi dan pengenalan produk unggulan agar lebih dikenal di Rusia maupun negara-negara di sekitarnya.