Promosi Wisata Selam Indonesia; Gencar Menuju Jepang

Promosi Wisata Selam Indonesia; Gencar Menuju Jepang

Jakarta, Kabarindo– Kementerian Pariwisata (Kempar) terus aktif mempromosikan wisata selam Indonesia.

Pekan depan, tepatnya pada 8 - 9 Oktober, Kempar akan menggelar Sales Mission Diving di Tokyo, Jepang. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari acara serupa yang sudah dilaksanakan sebelumnya di Beijing, Tiongkok, 9 September lalu.

Dengan wilayah lautan seluas 3,5 juta km2, secara otomatis Indonesia memiliki potensi wisata bahari yang sangat besar.

Mulai dari pantai di sekujur Nusantara, destinasi selancar yang banyak, juga titik selam yang melimpah. Kegiatan misi penjualan ini merupakan ejawantah strategi utama pemasaran pariwisata Indonesia: Branding, Advertising, dan Selling (BAS) yang dicanangkan Menteri Pariwisata Arief Yahya.

Indonesia memiliki potensi wisata selam yang besar. Titik selam tersebar mulai dari Pulau Weh di ujung Barat hingga Raja Ampat di ujung Timur. Di antara keduanya, ada juga Kepulauan Banda, Bunaken, Wakatobi, Selat Lembeh, Pulau Alor, Togean, Gili Air, Pulau Komodo, dan Teluk Cendrawasih yang menawarkan keindahan bawah laut.

“Indonesia memiliki diving spot yang merupakan surga bagi para divers. Bahkan dunia mengakui bahwa Indonesia memiliki beberapa diving spot terbaik dunia, antara lain Raja Ampat, Pulau Komodo, Derawan, Togean, Wakatobi, Gili Air, dan Bunaken,” kata Asisten Deputi Bidang Pengembangan Pasar Asia Pasifik, Vinsensius Jemadu melalui siaran pers kepada Beritasatu.com, Selasa (6/10).

“Hal yang menarik adalah wisata bahari menyumbangkan 35% dari total aktivitas wisata di Indonesia. Sekitar 35% dari penikmat wisata bahari itu adalah wisatawan mancanegara yang menyukai alam Indonesia,” imbuhnya.

Menurut catatan, sebanyak 35% wisatawan Jepang melakukan aktivitas yang berhubungan dengan pantai. Menyelam termasuk di dalamnya.

“Sales mission adalah kegiatan dengan konsep tabletop meeting yang mempertemukan seller (industri pariwisata Indonesia) dengan buyer (industri pariwisata Jepang). Tujuannya adalah menciptakan interaksi yang diharapkan bisa menciptakan transaksi bisnis. Dengan demikian, akan ada lebih banyak paket wisata selam yang dibeli oleh masyarakat Jepang.

“Secara keseluruhan, Kempar menargetkan 10 juta kunjungan wisatawan mancanegara sepanjang tahun 2015,” ucap Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara I Gde Pitana.

Menurut situs perusahaan perjalanan pariwisata Jepang, Travelco, Bali masuk daftar 10 destinasi wisata pilihan penduduk Jepang. Indonesia menempati peringkat kelima,di bawah Seoul (Korea), Guam, Taipei (Taiwan), dan Honolulu (Hawaii). Posisi Indonesia adalah yang tertinggi di antara kawasan Asia Tenggara, mengungguli Pulau Cebu (Filipina), Bangkok (Thailand), dan Singapura.

Tak cuma menyuguhkan pantai yang elok, Bali pun memiliki lokasi menyelam dengan pemandangan bawah laut yang menawan. Mulai dari Tanjung Benoa, Padang Bai, Sanur, Nusa Dua, Menjangan, Amed, hingga Tulamben seperti dilansir dari laman beritasatu.