Pundi Amal SCTV; Ajak Masyarakat Mendonorkan Darah

Pundi Amal SCTV; Ajak Masyarakat Mendonorkan Darah

Surabaya, Kabarindo- SCTV mengajak masyarakat untuk menyumbangkan darah dalam kegiatan Pundi Amal bertajuk Safari Donor Darah Ramadhan.

Kegiatan tersebut digelar setiap Ramadhan dan merupakan yang keempat kali. Pada tahun ini diadakan di Jogja, Malang, Batu dan Surabaya. Di Surabaya berlangsung di PMI Surabaya pada Rabu-Kamis, 23-24 Juli 2014, yang diikuti warga Surabaya dan beberapa kota sekitarnya seperti Gresik, Sidoarjo dan Mojokerto.

Alva Adithya, project officer Pundi Amal SCTV, menyebutkan masyarakat antusias mendonorkan darah. Dalam kegiatan di Jogja, Malang dan Batu berhasil dihimpun 1.600 kantong darah.

Ketua Pundi Amal SCTV, M.Risanggono, berharap masyarakat berpartisipasi seperti pada tahun-tahun sebelumnya karena mendonorkan darah merupakan perbuatan mulia yang dapat menyelamatkan sesama.

Untuk donor darah di Surabaya selama 2 hari ditargetkan terkumpul 1.500 kantong darah Alva optimistis akan melebihi target melihat besarnya animo masyarakat. Ia merujuk pada kegiatan serupa di Surabaya pada tahun lalu yang berhasil menghimpun 1.800 kantong darah. Target juga terlampaui dalam kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Kami melihat kepedulian masyarakat terhadap sesama begitu besar. Banyak dari mereka rutin mendonorkan darah. Hal ini sejalan dengan tujuan Pundi Amal untuk menyalurkan bantuan dari pemirsa melalui berbagai kegiatan diantaranya Safari Donor Darah Ramadhan guna membantu PMI menyediakan kantong darah yang menurun selama bulan puasa,” ujar Risanggono.

Agung Tri Jutanto, Humas PMI Surabaya, membenarkan persediaan kantong darah di PMI cenderung menurun sekitar 40% selama Ramadhan dibandingkan pada bulan-bulan biasa. Namun pada 3 tahun terakhir, kekurangan persediaan dapat terpenuhi 30% sejak diadakan kegiatan semacam itu.

Agung menyebutkan persediaan kantong darah di PMI Surabaya hingga Rabu. Untuk whole blood tersedia 305 kantong yang terdiri dari 49 kantong golongan darah A, 97 kantong darah B, 2 kantong darah AB dan 157 kantong darah O. Untuk sel darah merah, tersedia 350 kantong yang mencakup 52 kantong golongan darah A, 107 kantong darah B, 82 kantong darah AB dan 109 kantong darah O. Untuk trombosit, tersedia 447 kantong yang terdiri dari 123 kantong golongan darah A, 74 kantong darah B, 25 kantong darah AB dan 225 kantong darah O.

Untuk memberikan semangat kepada para pendonor darah dan menyegarkan suasana, SCTV menghadirkan penyanyi cantik Vicky Shu pada Rabu (23/7) sore. Kehadirannya menarik perhatian orang-orang yang sudah maupun yang menunggu untuk mendonorkan darah. Banyak yang mengajak untuk berfoto bersama yang dilayani Vicky dengan senang dan sabar.

Ia berkeliling ruangan, menyapa dan berbincang dengan mereka. Ia menanyakan kepada seorang pendonor mengapa bersedia menyumbangkan darah dan sudah berapa kali melakukannya. Vicky tergerak untuk mendonorkan darah. Ia sempat diperiksa darahnya, namun ternyata tak memenuhi syarat karena haemoglobinnya rendah.

“Sebenarnya saya juga ingin mendonorkan darah tapi sayang sekali tidak bisa. Saya berharap lain kali bisa melakukannya,” ujarnya.