Rekayasa Cuaca Hari Ini; Antisipasi Curah Hujan

Rekayasa Cuaca Hari Ini; Antisipasi Curah Hujan

Jakarta, Kabarindo- Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) akan mulai melakukan modifikasi cuaca dalam rangka mengurangi curah hujan di wilayah Bogor dan DKI Jakarta.

Hal tersebut dilakukan dalam rangka mengantisipasi terjadi banjir yang lebih besar di wilayah DKI Jakarta.

"Upaya teknologi modifikasi cuaca yang akan kita launcing pukul 10,00 WIB di Bandara Halim Perdanakusuma untuk memulai penyebaran atau distribusi curah hujan yang dilakukan BPPT," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Syamsul Maarif di Gedung Kementrian Pekerjaan Umum, Jakarta Selatan, Senin (13/1/2014).

Dijelaskan Syamsul dalam melakukan modifikasi cuaca tersebut akan dianggarakan sebesar Rp 28 miliar, dimana Rp 20 miliar dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan sebanyak Rp 8 Miliar dari BNPB.

Tim Modifikasi Cuaca (TMC) dilakukan dua metode. Pertama dengan metode menyemai bahan dengan bahan dasar garam dalam rangka untuk mempercepat hujan. Keduanya dengan metode untuk menghambat pembentukan awan hujan.

"Dua metode yang gunakan satu dengan metode powder, itu untuk mempercepat proses hujan sehingga harapan kita supaya tidak jatuh di wilayah DKI. Lalu ada pemandulan awan itu kita bakar di daratan itu untuk menggagu pemebentukan awan (hujan)," kata Kepala UPT Hujan Buatan BPPT F Heru Widodo seperti dilansir dari laman tribunews.