Ribuan pelajar Lebak; Pawai Obor Sambut Kemerdekaan

Ribuan pelajar Lebak; Pawai Obor Sambut Kemerdekaan

Lebak, Kabarindo- Ribuan pelajar di Kabupaten Lebak, Banten, menggelar pawai obor menyambut Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Ke-69 Republik Indonesia dengan berkeliling melintasi sejumlah jalan protokol hingga Alun-alun Multatuli, Rangkasbitung.

Berdasarkan pantauan, Sabtu malam, ribuan pelajar terdiri dari sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas itu memadati ruas jalan protokol di Kota Rangkasbitung sambil berjalan kaki membawa obor.

Pawai obor tersebut sudah menjadikan tradisi masyarakat Lebak dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI.

Selain itu juga mereka para pawai obor dengan berjalan kaki mendengarkan lagu-lagu perjuangan, seperti "Maju tak Gentar", dan "Halo-Halo Bandung".

Kegiatan pawai obor juga mendapat sambutan warga Rangkasbitung yang memenuhi trotoar kiri dan kanan jalan yang dilintasi peserta pawai.

"Kami berharap generasi bangsa ini terus berjuang untuk mengisi kemerdekaan guna meningkatkan kesejahteraan rakyat," kata Bupati Lebak Iti Octavia Jayabaya saat membuka pawai obor.

Ia meminta pelajar Kabupaten Lebak harus meraih prestasi untuk kemajuan bangsa dan negara melalui semangat belajar.

Saat ini, beberapa pelajar di daerah ini telah menoreh prestasi di bidang akademik tingkat provinsi maupun nasional, sehingga bisa mengangkat nama harum Kabupaten Lebak.

Karena itu, kegiatan pawai obor ini guna membangkitkan semangat nilai-nilai perjuangan bangsa.

Di mana para pejuang yang telah memperjuangkan kemerdekaan ini dengan penuh semangat tinggi untuk terbebas dari belenggu penjajahan.

"Kami meminta pelajar sebagai generasi bangsa dapat melanjutkan perjuangan para pahlawan terdahulu untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan kesejahteraan rakyat," ujarnya.

Sementara itu, sejumlah pelajar SMAN Negeri 1 Rangkasbitung mengaku kegiatan pawai obor ini menjadikan hiburan, namun mendidik untuk menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Kami sebagai pelajar tentu mendengar lagu-lagu perjuangan menjadikan motivasi untuk berkarya mengisi kemerdekaan," kata Dodi, seorang siswa kelas XI SMAN 1 Rangkasbitung seperti dilansir dari laman antaranews.