Rio Haryanto; Menuju F1

Rio Haryanto; Menuju F1

Semarang, Kabarindo- Pembalap nasional Rio Haryanto bakal menjalani tes dengan mobil Formula One (F1) bersama tim E@8 Caterham Racing di Sirkuit Silverstone, Inggris, 9 Juli 2014.

Media Kontak Tim EQ8 Caterham Racing Tom Webb dalam surat elektronik yang diterima di Semarang, Jateng, Selasa, menyebutkan Rio Haryanto menjalani tes F1 pada hari kedua, sedangkan untuk hari pertama diisi pembalap Will Stevens.

Rio Haryanto yang berlaga pada lomba balap mobil GP2 Series 2014 itu, bergabung dengan tim EQ8 Caterham Racing pada awal Januari 2014. Saat ini, Rio Haryanto menempati peringkat ke-10 klasemen sementara GP2 Series dengan total nilai 26.

Tes F1 merupakan yang ketiga kalinya bagi Rio Haryanto. Yang pertama adalah saat tampil di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, pada 2010, kemudian yang kedua di Silverstone, Inggris, 2012, dan ketiga pada 9 Juli mendatang.

Rio Haryanto mengaku tak sabar untuk segera kembali mengendarai mobil F1 dan dirinya merasa senang dengan tim Caterham F1 yang merupakan tim senior dari EQ8 Caterham Racing. Terakhir kali dirinya mengendarai mobil F1, adalah pada tes pembalap muda di Silverstone pada 2012.

"Dengan peraturan mesin baru tahun ini, saya yakin akan menjadi pengalaman yang sangat berbeda. Tujuan bagi saya adalah belajar dan mencari pengalaman," kata pembalap asal Solo, Jateng, tersebut.

Tetapi, kata dia, sebelum tampil pada tes tersebut, dirinya akan fokus terlebih dulu pada lomba balap mobil GP2 Series.

"Saya siap bekerja sesuai rencana tim dan membantu mereka mengembangkan sebisa mungkin," katanya.

Seri kelima lomba balap mobil GP2 Series 2014 dimainkan di Sirkuit Silverstone, Inggris, 4-6 Juli mendatang. Sirkuit itu, memiliki panjang 5,891 kilometer kemudian pada race pertama atau "feature race" menempuh 29 putaran atau 170,839 kilometer, sedangkan pada race kedua atau "sprint race" menempuh jarak 123,711 kilometer atau selama 21 putaran.

"Pada kesempatan ini saya mengucapkan terima kasih kepada Pertamina atas dukungannya kepada saya selama tampil di GP2 dan EQ8 Caterham Racing yang telah memberi kesempatan kepada saya untuk menguji mobil Caterham F1 Team," katanya seperti dilansir dari laman beritasatu.