SCTV Gelar Pundi Amal; Sambut Hari Pahlawan

SCTV Gelar Pundi Amal; Sambut Hari Pahlawan

Surabaya, Kabarindo- SCTV mengadakan Pundi Amal di Surabaya, Pasuruan, Bondowoso, Situbondo dan Banyuwangi selama 7-12 November.

Pundi Amal berupa kegiatan unit kesehatan keliling yang memberikan layanan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis kepada masyarakat.

Di Surabaya, Pundi Amal SCTV bekerja sama dengan USAID, High Five, Yayasan Obor Berkat Indonesia (OBI) dan Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB). Kegiatan berlangsung di Balai RW 6 Kelurahan Wonorejo, Tegalsari, pada Kamis (7/11). Selain diadakan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis, juga dilakukan pembangunan beberapa unit sarana MCK.

Sejak pagi, Balai RW 6 dipenuhi warga yang memanfaatkan layanan kesehatan mulai anak – anak hingga lansia. Ada yang sekedar memeriksakan kesehatan, ada pula yang berobat. Mereka juga mendapatkan obat di sini.

Ketua Umum Pundi Amal SCTV, M. Risanggono, mengatakan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian di bidang kesehatan. Dananya berasal dari pemirsa SCTV yang dipergunakan untuk kepentingan masyarakat luas.

Ia menjelaskan, pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis ditangani oleh 4 dokter umum, 3 dokter gigi, 1 perawat gigi dan 2 apoteker. Mereka ditargetkan memberikan layanan kepada minimal 500 orang di setiap titik kegiatan.

Selain itu, juga diadakan praktik menggosok gigi dengan baik dan benar kepada siswa SD sehingga bisa mereka terapkan sehari – hari di rumah.

Menurut Ratih Astati Dewi, Tim Leader High Five Distrik Surabaya, pembangunan sarana MCK penting bagi warga di Wonorejo karena sanitasi di kawasan ini masih kurang memenuhi syarat kesehatan. Ada warga yang belum memiliki sarana MCK sendiri sehingga melakukan BAK dan BAB sembarangan.

“Sanitasi yang buruk bisa menimbulkan diare. Karena itu kami melibatkan masyarakat untuk aktif menjaga kebersihan lingkungan dan sanitasi,” ujarnya.

Di Pasuruan, kegiatan Pundi Amal berlangsung di SDN Tambakan, Bangil, pada Jumat (8/11). Sementara di Bondowoso, kegiatan dilakukan di Pondok Pesantren Nurul Iman, Desa Dadapan Grujugan, pada Sabtu (9/11). Di Situbondo mengambil lokasi di Pondok Pesantren Nurul Iman di Desa Sumberejo, Besuki, pada Minggu (10/11). Sedangkan di Banyuwangi berlokasi di SDN 02/04 di Desa Paspan, Glagah, dan di Balai Desa Taman Sari, Licin, pada Senin – Selasa, 11-12 November.