Samarinda Gelar Lomba Renang; Lintas Sungai Mahakam

Samarinda Gelar Lomba Renang; Lintas Sungai Mahakam

Samarinda, Kabarindo- Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, Kalimantan Timur HM Faisal.

Ia mengatakan lomba renang menyeberangi Sungai Mahakam akan kembali digelar pada pelaksanaan Festival Mahakam 2014

"Pada penyelenggaraan Festival Mahakam tahun ini (2014), kami tetap menggelar lomba renang Lintas Sungai Mahakam. Lomba berenang itu akan dilaksanakan pada Minggu pagi (2/11)," katanya di Samarinda, Kamis.

Ia mengatakan setiap tahun Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Kominfo Kota Samarinda, mengevaluasi pelaksanaan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam tersebut sehingga kelak lomba itu dapat menjadi kegiatan nasional.

Pelaksanaan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam kali ini, kata Faisal, akan dibagi menjadi dua kategori yakni, kategori junior dan senior, putra dan putri.

"Sebelum mengikuti lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam, seluruh peserta diwajibkan melakukan cek kesehatan, wajib menggunakan baju rompi renang atau swim vest dan seluruh peserta akan diasuransikan," katanya.

Setiap tahun, kata dia, jumlah peserta lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam terus bertambah.

"Kami optimistis, jumlah peserta akan meningkat dibandingkan pada kegiatan serupa tahun lalu. Selain hadiah uang tunai total Rp20 juta, kami juga menyiapkan tropi khusus dan piagam penghargaan sebagai apresiasi kepada peserta tercepat berenang melintasi Sungai Mahakam yang memiliki lebar sekitar 500 meter," ujar Faisal.

Sebagai upaya menjaga keamanan pada pelaksanaan lomba berenang menyeberangi Sungai Mahakam tersebut, kata Faisal, pihak panitia telah berkoordinasi dengan beberapa pihak, khususnya Kesatuan Pelaksanaan Pengamanan Pelabuhan (KP3), Kantor Kesyahbandaran Samarinda, Dinas Perhubungan serta Badan Penanggulangan Benana Daerah (BPBD Samarinda dan Kaltim.

"Demi keamanan para peserta, saat lomba berlangsung, tidak boleh ada kapal atau alat transportasi sungai lainnya yang melintas," ujar Faisal.

Dia mengatakan beberapa instansi telah menyatakan kesiapannya membantu dengan meminjamkan "swim vest" atau jaket pelampung, speed boat yang digunakan untuk berpatroli serta berbagai perlengkapan untuk keperluaan lomba renang.

"Kesepakatan kami saat rapat koordinasi Festival Mahakam 2014 yang dipimpin langsung Wali Kota Samarinda H Syaharie Jaang, alur Sungai Mahakam akan ditutup mulai pukul 06.00 hingga 14.00 WITA. Jadi, kami menyampaikan kepada masyarakat khusunya para pengguna jalur transportasi sungai agar bisa memahami pentupan sungai dan mensukseskan Festival Mahakam," ungkap Faisal seperti dilansir dari laman antaranews.