Sarihusada Resmikan Merapi Project; Awesome.....!

Sarihusada Resmikan Merapi Project; Awesome.....!

Sleman, DIY Jogja, Kabarindo- Sebagai bagian dari program revitalisasi masyarakat terdampak bencana erupsi Merapi, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (SGM) bekerjasama dengan Pemda DIY dan Pemerintah Kabupaten Sleman membangun Pusat Pelayanan Pertanian dan Peternakan Terpadu yang berlokasi di Padukuhan Plosokerep, Desa Umbulharjo, Sleman, Yogyakarta.

Fasilitas terpadu seluas 1,7 hektar (Ha) yang terdiri dari perkandangan modern yang mampu menampung 240 ekor sapi perah, dan dilengkapi dengan milking equipment, laboratorium mini, cooling unit, serta biogas digester ini, diresmikan oleh Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, Bupati Sleman, Sri Purnomo dan Presiden Direktur Sarihusada, Olivier Pierredon.

"Fasilitas sosial yang dibiayai oleh Danone Ecosysteme Fund ini juga menyediakan fasilitas belajar bagi petani dan peternak, serta lahan percontohan permanen untuk budidaya pertanian, perikanan dan peternakan ternak kecil di lokasi yang sama," jelas Presiden Direktur Sarihusada, Olivier Pierredon saat peresmian Merapi Project di Sleman, Yogyakarta, Kamis (10/10).

Di luar penyediaan fasilitas terpadu ini, lanjut Olivier, Sarihusada bersama mitra juga membantu petani di 5 desa di Kabupaten Sleman yaitu desa Umbulharjo, desa Kepuharjo, desa Glagaharjo, desa Hargobingangun, dan desa Purwobinangun untuk mengembangkan usaha di bidang pertanian, peternakan non sapi perah dan usaha produktif lainnya berbasis sumberdaya lokal.

Olivier menambahkan, dengan peresmikan Merapi Project ini, diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, keberdayaan masyarakat dan juga mampu meningkatkan status kesehatan dan gizi anak-anak serta keluarga petani di wilayah sekitar gunung merapi.

"Kami berterimakasih atas dukungan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati Sleman beserta jajarannya, pemerintah desa dan juga kepada semua pihak dalam implementasi program ini, dan kepada seluruh masyarakat yang terlibat dan menjadi komponen penting untuk mensukseskan kegiatan ini," kata Olivier seperti dilansir dari laman beritasatu.

Selain itu, tambahnya, keberadaan pusat peternakan dan pertanian terpadu ini diharapkan mampu meningkatkan penyediaan susu yang berkualitas dan memenuhi standar mutu industri.

Danone sebagai perusahaan global yang memiliki keahlian dalam bidang ini, kata Olivier, melalui Sarihusada ingin membantu masyarakat memberikan pengetahuan bagaimana pengelolaan pertanian dan peternakan terpadu yang nantinya dapat ditiru dan dikembangkan di tempat lain.

Dari pelaksanaan awal program dalam beberapa bulan belakangan, produktifitas dan kualitas susu yang dihasilkan terbukti memuaskan. Peningkatan volume dan mutu susu diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah.

Pada fase pertama, Merapi Project ini akan melayani 45 keluarga untuk program sapi perah dan 149 sebagai penerima program non sapi perah, 315 keluarga peternak yang akan mendapatkan manfaat tidak langsung, dan 300 orang dari luar wilayah program yang akan mendapatkan manfaat tidak langsung dalam bentuk training dan proses belajar lainnya.

"Untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan petani, program ini juga akan memberikan edukasi peningkatan kapasitas petani berupa training, studi banding dan sharing best practice. Selain itu, kami juga membangun fasilitas pembelajaran Agricultural Service Center (ASC) yang akan berfungsi sebagai pusat belajar masyarakat," tandas Olivier seperti dilansir dari laman beritasatu.