Satgas PA; Siap Dukung Penerapan Jam Belajar

Satgas PA; Siap Dukung Penerapan Jam Belajar

Jakarta, Kabarindo- Satuan Tugas Perlindungan Anak (Satgas PA) mendukung inisiatif Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menerapkan jam belajar bagi anak untuk mengurangi tingkat kekerasan terhadap anak-anak.

"Satgas PA mendukung inisiatif Pemda DKI Jakarta sebagai upaya penyelenggaraan perlindungan Anak," kata Ketua Satgas PA M Ihsan di Jakarta, Selasa (24/9) seperti dilansir dari laman beritasatu.

Hal tersebut menurut Ihsan selaras dengan pasal 22 UU Perlindungan Anak. Penerapkan jam belajar bagi anak tertuang dalam Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No 8 tahun 2006 tentang Sistem Pendidikan.

Pada pasal 7 ayat 3 menyebutkan orang tua berkewajiban untuk mendidik anak sesuai kemampuan dan minatnya serta menetapkan waktu belajar setiap hari di rumah bagi anaknya dari pukul 19.00-21.00 WIB.

Selanjutnya pasal 11 ayat 3 menyatakan, setiap peserta didik berkewajiban belajar setiap hari efektif sekolah di rumah dari pukul 19.00- 21.00 WIB.

Penerapan waktu belajar diarahkan untuk meminimalisasikan kekerasan dan tindak kriminal yang dilakukan oleh anak atau anak menjadi korban karena tanpa pengawasan orang tua pada malam hari di luar rumah.

Ihsan mengatakan, sejauh ini Satgas PA terlibat aktif dalam rapat koordinasi di Pemda DKI Jakarta untuk mempersiapkan pelaksanaan UU No. 23/2002 tentang Perlindungan Anak, Perda No. 8/2006 tentang sistem Pendidikan dan Perda Tibum untuk mengedepankan upaya preventif demi kepentingan terbaik anak.