Senam Yophytta; Bantu Kurangi Sakit Saat Melahirkan

Senam Yophytta; Bantu Kurangi Sakit Saat Melahirkan

Senam gabungan yoga, hypnotherapy, pilates dan Tai Chi

Surabaya, Kabarindo- Memiliki buah hati merupakan keinginan hampir setiap perempuan. Namun masa kehamilan tidak selalu mudah dilalui semua perempuan.
 
Banyak calon ibu, terutama yang baru pertama kali hamil, merasakan perubahan besar dari sisi fisik maupun psikologis yang dirasakan berat, apalagi menjelang saat melahirkan.
 
Kondisi tersebut bisa dikurangi dengan senam Yophytta, senam yang dianjurkan dilakukan pada usia kehamilan 4 bulan ke atas. Senam ini menggabungkan gerakan-gerakan yoga, hypnotherapy, pilates dan Tai Chi.
 
Senam Yophytta dipraktekkan dalam kampanye Celebrate the Changes yang diadakan Anmum Materna di balllroom Hotel Sheraton Surabaya pada Minggu (15/2/2015) yang diikuti seribu ibu hamil. Kegiatan ini dilengkapi dengan bincang ringan edukatif dan holistik bersama dokter spesialis obstetri dan ginekologi mengenai kesehatan fisik dan emosional selama kehamilan.
 
Dr Muliaman Mansyur, Head of Medical Sales Fontera Brands Indonesia, mengatakan pihaknya memperkenalkan senam Yophita yang merupakan gabungan yoga, hypnotherapy, pilates dan Tai Chi.

"Gabungan gerakan-gerakan ini baik dan bermanfaat menjaga kondisi fisik dan emosional ibu hamil sesuai dengan perubahan yang terjadi selama kehamilan," katanya.
 
Marketing Manager Anmun, Afrina Karina, menyadari calon ibu mengalami perubahan fisik maupun emosi selama kehamilan yang bisa membuat mereka menjalani masa yang tidak menyenangkan. Karena itu, pihaknya mengajak para calon ibu untuk mengikuti senam Yophytta yang dapat membantu mereka menjalani masa kehamilan dengan tenang dan nyaman.
 
Adanya perubahan fisik maupun emosi yang dirasakan ibu hamil dibenarkan Ketua Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) Surabaya, dr. Poedjo Hartono, SpOG (K).
 
"Perempuan hamil mengalami perubahan fisik dan psikologis. Perubahan fisik terjadi pada bentuk tubuh, sedangkan perubahan psikologis berkaitan dengan hormonal. Kondisi terberat umumnya dirasakan pada trimester pertama yang merupakan masa rawan kehamilan. Biasanya dibarengi dengan mual-mual pada pagi hari dan pusing. Ini kondisi alami dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan," ujarnya.

Dr. Poedjo menambahkan, perempuan hamil juga merasa khawatir akan mengalami sakit luar biasa saat persalinan. Karena itu, senam hamil bisa membantu menenangkan mereka untuk mempersiapkan diri menghadapi persalinan dan  mengurangi rasa sakit saat melahirkan.

"Proses melahirkan memang sakit, baik lewat operasi maupun secara normal. Senam hamil bisa mengurangi rasa sakit tersebut,” ujarnya.