Sudah 14 Menteri KIB II; Sudah Laporkan Harta Kekayaan

Sudah 14 Menteri KIB II; Sudah Laporkan Harta Kekayaan

Jakarta, Kabarindo- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus menghimbau mantan menteri yang tergabung dalam Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II untuk melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) ke lembaga antikorupsi tersebut.

Juru Bicara KPK, Johan Budi SP mengatakan hingga Selasa (4/11) ini, sudah ada 14 menteri dan wakil menteri KIB II yang menyerahkan LHKPN ke lembaga antirasuah tersebut.

"Jadi yang sudah lapor LHKPN, ada 14 menteri KIB II. Orang-orang seperti ini boleh kita apresiasi," kata Johan di kantor KPK, Jakarta, Selasa (4/11).

Keempatbelas mantan menteri tersebut, di antaranya, mantan Menteri Usaha Kecil Menengah (UKM) Syarifudin Hasan Syarif menyampaikan LHKPN pada 1 Oktober 2014.

Selanjutnya, Dahlan Iskan selaku mantan Menteri BUMN yang melaporkan hartanya pada 13 Oktober 2014. Kemudian, Azwar Abubabakar selaku mantan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara- Reformasi Birokrasi, melapor satu hari sesudahnya.

Dilanjutkan dengan Alex S. W. Retraubun selaku mantan Wakil Menteri Perindustrian yang melapor pada 20 Oktober 2014. Adapun MS Hidayat, Mantan Menteri Perindustrian melapor satu hari berikutnya.

Ani Ratnawanti, Mantan Wakil Menteri Keuangan menyampaikan LHKPN pada 27 Oktober. Gusti Muhammad Hatta, Mantan Menteri Riset dan Teknologi melaporkan kepemilikan harta-hartanya pada 29 Oktober.

Sudi Silalahi, Mantan Menteri Sekretaris Negara dan Suswono Mantan Menteri Pertanian melapor pada 30 Oktober. Mahmudin Yasin, Mantan wakil Menteri BUMN 31 Oktober.

Kemudian, ada mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT) Helmi Faishal Zainy, mantan Sekretaris Kabinet, Dipo Alam dan mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Nafsiah Mboi. Serta, mantan Wakil Menteri Pendidikan Nasional, Musliar Kasim.

Sebelumnya, hingga Jumat (31/10), KPK merilis baru 10 menteri dari 34 menteri era Kabinet Indonesia Bersatu (KIB) II yang telah melaporkan harta kekayaan mereka seperti dilansir dari laman beritasatu.