Sulawesi Tenggara; Siap Bangun Kebun Percontohan Bawang Merah

Sulawesi Tenggara; Siap Bangun Kebun Percontohan Bawang Merah

Kendari, Kabarindo- Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura Sulawesi Tenggara (Sultra) Chaidir di Kendari, Minggu (3/6) kemarin.

Ia mengatakan bahwa kebun percontohan tersebut terdapat di Kabupaten Kolaka Utara dan Kabupaten Buton.

"Seluas 1 hektare kebun percontohan bawang merah terdapat Desa Tolalang, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, dan 4 hektare terdapat di Kecamatan Sampolawa dan Kecamatan Lapandewa Kabupaten Buton," kata Chaidir seperti dilansir dari laman MIcom.

Ia mengatakan bahwa anggaran untuk kebun percontohan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Sultra tahun 2012.

Dari kebun percontohan itu, target produksi bawang merah 50 ton setiap tahun dengan produktivitas 10 ton per hektare.

"Tekstur tanah di Sultra, utamanya pada beberapa kabupaten, sangat cocok untuk pengembangan tanaman bawang merah," ujarnya.

Kebun percontohan tersebut, kata Chaidir, guna memberikan dorongan kepada warga atau petani untuk menanam dan mengembangkan tanaman bawang merah di provinsi itu.

"Kalau petani di sini bisa mengembangkan tanaman bawang merah akan mengurangi ketergantungan dari daerah lain di Indonesia yang merupakan produksi bawang, seperti dari NTB," katanya.

Menurut dia, produksi bawang merah di Sultra selama ini bisa mencapai 640 ton dalam setahun dengan luas panen sekitar 213 hektare. Tingkat produktivitas bawang merah mencapai 3 ton per hektare.