Sumut Raih Penghargaan Nasional; Kemitraan PAUD

Sumut Raih Penghargaan Nasional; Kemitraan PAUD

Medan, Kabarindo- Sumatera Utara berhasil menjadi pemenang pertama pada Apresiasi Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Berprestasi Tahun 2014 Tingkat Nasional untuk kategori kerja sama dan kemitraan yang digelar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

"Penghargaan diserahkan oleh Direktur Pembinaan PAUD Dirjen PAUD, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Erman Syamsudin di Jogyakarta Sabtu. Sumut tentunya bangga," kata Bunda PAUD Sumut, Sutias Handayani Gatot Pujo Nugroho di Medan, Minggu malam.

Istri Gubernur Sumut H Gatot Pujo Nugroho mengatakan itu usai pulang dari Jogyakarta mengikuti acara itu pada 4--6 Desember.

Sumut dinilai berhasil merangkul dan bekerja sama dengan para mitra kerja dalam meningkatkan mutu pendidikan anak didik khususnya pendidikan anak usia dini.

Sutias mengakui, mengajak organisasi mitra termasuk swasta untuk membantu penyelenggaraan PAUD di Sumut itu.

Kemitraan itu mulai untuk mensosialisasikan program PAUD, mengajak organisasi mitra untuk mengintegrasikan kegiatan PAUD dengan bidang-bidang lainnya seperti kesehatan dan gizi.

Sumut misalnya, melibatkan Dinas Kesehatan dan BKKBN dalam program pemgembangan mutu PAUD.

Beberapa mitra kerja Bunda PAUD Sumut adalah PT Bank Mandiri (persero) Tbk, PT Kalbe Nutritional Medan (susu zee), Perusahaan Art Line dan Pelikan, Bharlind Music Center, PT Suntory Garuda Beverage, PT Penerbit Erlangga Wilayah Sumut, PT Mas Media Buana Pustaka, Penerbit CV Mitra Medan, PT Deya Medica dan PT Faber-Castell Wilayah Sumut.

Dia menjelaskan, dengan kerja keras termasuk bantuan berbagai mitra kerja, beberapa keunggulan yang sudah diraih Sumut dalam pengembangan PAUD adalah sudah cukup tingginya cakupan layanan PAUD .

Angka partisipasi (kasar) PAUD usia 3--6 tahun sudah sebesar 63,01 persen.

Meski persentase itu berada pada urutan ke 11 dari 33 provinsi se-Indonesia dengan angka 64,76 persen tetapi tren meningkat.

Adapun target Provinsi Sumut dalam layanan Paud hingga tahun 2015 adalah mencapai APK PAUD untuk kelompok anak 3--6 tahun mencapai sebesar 84,76 persen.

Mengutip pernyataan Direktur Pembinaan PAUD Dirjen PAUDNI, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Erman Syamsudin, Sutias mengatakan kemampuan Sumut mengajak mitra bergabung untuk meningkatkan PAUD perlu ditiru.

Semakin banyak PAUD dan diikuti dengan kualitas, maka kata Erman, SDM di Indonesia akan semakin bagus ke depannya seperti dilansir dari laman antaranews.