Suzuki; Luncurkan Karimun Wagon R

Suzuki; Luncurkan Karimun Wagon R

Surabaya, Kabarindo- PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) meluncurkan Karimun Wagon R di Ciputra World Surabaya akhir pekan kemarin.

Mobil ini terdiri dari 3 tipe yaitu Karimun Wagon R-GX, R-GL dan R-GA. Karimun Wagon R diklaim ramah lingkungan yang hemat energi dan harganya terjangkau atau Low Cost Green Car (LCGC). Harga on the road di Jatim dipatok di bawah Rp 100 juta, kecuali tipe R-GX sekitar Rp.103 juta.

Presiden Direktur PT United Motors Centre (UMC), dealer utama Suzuki wilayah Jatim, Michael Mardanus, optimistis Karimun Wagon R akan diminati masyarakat karena memiliki sejumlah keunggulan.

Karimun Wagon R memiliki platform compact MPV yang nyaman dan lega. Mobil ini memiliki unsur Super (Spacious, Useful, Pratical, Efficient, Reasonable) dan menggunakan mesin generasi terbaru K10B DOHC yang ringan dan bertenaga dengan mesih berkapasitas 998 CC, 12 valve dengan 3 silinder bertenaga 68 PS / 6.200 prm dan torsi 90 Nm sehingga membuat mobil ini lebih bertenaga serta ditunjang oleh transmisi manual 5-percepatan.

Karimun Wagon R juga dilengkapi lampu utama (60/55W) yang multi – reflektor dengan blue eyes, cahaya lebih terang, fokus dan jangkauan lebih luas. Selain itu dilengkapi aspek keamanan yang memadai seperti fitur immobilizer yang merupakan sistem manajemen mesin di dalam ECU (electronic control unit) atau komputer yang mengatur sistem mobil, yang dapat mengenali sinyal yang dikirimkan dari kunci. Tak ketinggalan dilengkapi fitur keyless entry (tipe GX) serta aspek keselamatan seperti safety belt dan child proof door lock.

Karimun Wagon R akan bersaing dengan mobil LCGC lain seperti Toyota Agya, Daihatsu Ayla dan Honda Brio Satya yang juga mematok harga di kisaran Rp. 100 juta. Namun kehadiran mobil ini sudah menarik minat konsumen.

Michael menyebutkan, pihaknya menerima inden hampir 500 unit pada hari pertama peluncuran dan pameran Karimun Wagon R di Surabaya. Ia menjamin mobil akan terkirim dalam 2-3 bulan mengingat kapasitas produksi Karimun Wagon R di SIS sekitar 1.500 unit per bulan.

“Jika minat kosumen cukup tinggi, kapasitas produksinya bisa ditambah pada tahun depan,” ujarnya.

Total penjualan seri Karimun sejak diluncurkan pada 1999 hingga 2013 mencapai 48.619 unit.