TNI AD Gandeng Kemenhub; Gelar TMMD Ke-97 Tahun 2016

TNI AD Gandeng Kemenhub; Gelar TMMD Ke-97 Tahun 2016

Kelapa Gading, Jakarta, Kabarindo- Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI AD) bersama Kementerian Perhubungan menggelar Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-97 Tahun 2016, yang digelar di Balai Samudera, Kelapa Gading, Jakarta Utara, kemarin.

Program TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) dilaksanakan sebagai upaya membantu pemerintah dalam memberdayakan wilayah pertahanan khususnya membantu tugas pemerintah di daerah dalam meningkatkan akselerasi kegiatan pembangunan di daerah pedesaan yang tergolong sebagai daerah miskin/tertinggal, daerah terpencil/terisolir, daerah perbatasan/pulau-pulau kecil terluar, daerah kumuh perkotaan yang belum tersentuh oleh pembangunan dan daerah lain yang terkena dampak akibat bencana.

Program TMMD merupakan program terpadu lintas sektoral antara TNI, Kementerian Lembaga Pemerintah non Kementerian dan Pemerintah Daerah serta komponen bangsa lainnya. Melalui program ini diharapkan dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat di daerah pedesaan, mengingat proses perencanaannya selalu diawali dengan melibatkan berbagai instansi dan masyarakat, serta disusun dengan sistem bottom up planning.

Kasad Jend. TNI Mulyono selaku Penanggung Jawab Operasional (PJO) TMMD Tahun 2016 dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan TMMD merupakan wujud nyata penerapan gotong royong, kebersamaan, dan kesatuan serta persatuan antara TNI AD dengan masyarakat dalam membangun daerah.

“Untuk itu diterjemahkan dalam tema Rakornis kali ini yaitu ‘Dengan semangat kemanunggalan dan kerja sama sektoral serta lintas komponen Bangsa, Kita Tingkatkan Percepatan Pembangunan di Daerah Guna Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat’,” kata Jend. Mulyono.

Selain itu, Mulyono mengatakan, TMMD juga sebagai wujud pengabdian TNI AD kepada bangsa dan negara. Juga sebagai implementasi Nawa Cita pemerintahan Presiden Joko Widodo yang membangun Indonesia dari pinggiran.

“TMMD ke-97 tahun ini kami bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan yang telah memiliki infrastruktur transportasi sampai ke pelosok negeri,” katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komite Kebijakan Publik (KKP) Kemenhub RI  Laksamana Purn. DR Marsetio, MM, yang hadir mewakili Menteri Perhubungan menyampaikan, Kemenhub siap mendukung sepenuhnya kegiatan TMMD Tahun 2016.

“TMMD ini sejalan dengan program kerja Kemenhub dalam mengimplementasikan Program Nawa Cita Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang ingin membangun Indonesia dari daerah terluar, terdepan, terisolir, terpinggir, dan termarjinalkan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara merata,” ringkas Marsetio.

Marsetio juga mengatakan, Kemenhub memiliki sarana dan prasarana yang cukup hingga ke daerah-daerah terpencil.

“Kapal-kapal kami sudah dapat menjangkau pulau-pulau terpencil dan terluar. Sehingga konektivitas antar daerah seperti yang diharapkan oleh Presiden Jokowi, secara bertahap dapat tercapai,” pungkas Marsetio tutup.

Pelaksanaan TMMD ke-97 ini akan berlangsung selama 30 hari, mulai 20 September hingga 19 Oktober 2016.