TNI AU Tanam 6.419 Pohon; Di Pekanbaru

TNI AU Tanam 6.419 Pohon; Di Pekanbaru

Pekanbaru, Kabarindo- TNI AU menanam 6.419 pohon untuk memperingati Hari Pohon Sedunia 2013 di lingkungan Lapangan Udara Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau.

"Di Lanud Roesmin Nurjadin kita baru saja menanam 5.419 pohon dan masih ada 1.000 bibit pohon yang akan segera tanam," kata Komandan Lanud Roesmin Nurjadin, Kol. Pnb. Andyawan, di Pekanbaru, Rabu.

Ia menjelaskan, kegiatan penanaman pohon tersebut merupakan komitmen dari TNI AU untuk mendukung program penghijauan pemerintah yang bertema "Satu Pohon Satu Jiwa". Jenis pohon yang ditanam mulai dari tanaman keras hingga bibit buah seperti matoa, jambu, kelengkeng, trembesi dan mahoni.

Penanaman pohon tersebut mayoritas dipusatkan di Lapangan Golf Simpang Tiga yang ada didalam Lanud Pekanbaru. Hadir pada acara penamanam itu Kapolda Riau Brig. Pol. Condro Kirono.

Ia mengatakan, ribuan bibit tersebut ada yang merupakan bantuan dari instansi dinas kehutanan dan perkebunan di Riau serta sejumlah perusahaan.

"Kita buat keseimbangan ketika biasanya bicara teknologi alutsista, di sisi lain kita pun ingin hijaukan lingkungan agar kehidupan kita tidak monoton juga," katanya.

Andyawan mengatakan salah satu program penghijauan itu akan berupa mengganti tanaman-tanaman tua yang sudah tidak produktif disekitar Lanud Pekanbaru. Ia mencontohkan, pohon-pohon seperti akasia sudah banyak ditebangi dan diganti dengan bibit buah-buahan yang lebih bermanfaat.

"Bukan menebang pohon ya, tapi regenerasi dengan pohon yang produktif," ujarnya.

Mayor Pembekalan Girman selaku Manajer Padang Golf Simpang Tiga menambahkan, program penghijauan itu juga bertujuan untuk melestarikan pohon-pohon yang mulai langka di Riau.

"Diharapkan, tempat ini bisa menjadi paru-paru Kota Pekanbaru," ujarnya.

Karena itu, ia mengatakan pihak TNI AU mengajak masyarakat untuk menghibahkan pohon-pohon langka untuk ditanam di Lanud Pekanbaru. "Kita akan rawat pohonnya," ujar Girman seperti dilansir dari laman antaranews.