TNI Angkatan Udara; Peringati HUT AU Ke-70

TNI Angkatan Udara; Peringati HUT AU Ke-70

Halim Perdanakusuma, Jakarta, Kabarindo- TNI Angkatan Udara Republik Indonesia hari ini, Sabtu 09/04/2016 memperingati hari jadinya yang ke-70.

Peringatan HUT AU pada pagi ini di gelar dalam upacara militer yang dipimpin langsung oleh Kepala Staff TNI Angkatan Udara, Marsekal TNI Agus Supriyatna di Taxyway Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

"Kepada seluruh jajaran prajurit TNI Angkatan Udara, baik yang sedang bertugas dan di mana saja berada, saya ucapkan Selamat hari jadi TNI Angkatan Udara yang ke-70," ucap Kasal diawal amanatnya.

Kasau menegaskan bahwa setiap tanggal 9 April bagi TNI Angkatan Udara merupakan sejarah (nilai historis) keberadaan Angkatan Udara di Indonesia.

"Tanggal 9 April adalah awal bangkitnya bagi Angkatan Udara, yang senantiasa berjuang bersama komponen bangsa lainnya, dalam menjaga kedaulatan bangsa dan negara," ucap Kasau dalam pidato sambutannya di hadapan segenap jajaran prajurit TNI AU serta tamu undangan, baik dari jajaran pimpinan Angkatan Laut, Darat dan Kepolisian yang menghadiri HUT TNI AU ke-70.

Ia menambahkan, bahwa semangat juang yang tinggi adalah merupakan modal utama TNI AU untuk menjaga NKRI.
 
Selanjutnya, Kasau juga mengatakan bahwa dalam spektrum yang sangat luas dan signifikan, Indonesia yang terdiri dari darat, laut, dan udara, dimana 33 persen wilayah udara adalah merupakan tugas TNI Angkatan Udara dalam mempertahankan wilayah udara Indonesia, dan TNI Angkatan Udara memiliki peran yang sangat strategis, serta memiliki andil yang kuat dalam mempertahankan keutuhan wilayah Republik Indonesia," terangnya.

Ketangguhan TNI AU dalam pertahanan tempur dan melawan musuh, adalah modal penting, oleh karenanya kekuatan alutsista merupakan dukungan peralatan yang sangat diperlukan dalam melaksanakan tugas negara saat ini. Salah satu peran TNI AU untuk mendukung program pemerintah yaitu dalam upaya mendukung poros maritim yang kuat, dan harus ada kekuatan udara yang kapabel.

Pada pidatonya, Kasau kemudian mengutip pidato Presiden Soekarno pada bulan April 1955. Dimana saat itu, Bung Karno menyatakan bahwa kekuatan udara merupakan kunci kekuatan yang sangat penting dalam memenangkan peperangan.

"Namun demikian untuk mewujudkan hal tersebut, dibutuhkan sinergi antar mitra untuk dapat terwujudnya cita-cita yang diinginkan," pungkasnya.

Adapun tema peringatan hari jadi TNI AU ke-70 tahun 2016 ini adalah 'Dilandasi Moralitas, Integritas, Profesionalitas dan Militansi, TNI Angkatan Udara siap mengamankan wilayah Dirgantara dalam rangka penegakkan Kedaulatan dan Keutuhan NKRI'.

Kasau berharap seluruh prajurit TNI Angkatan Udara memiliki komitmen dan tekad yang kuat  sebagai tentara pejuang dan profesional.

Usai pelaksanaan upacara, kegiatan dilanjutkan dengan berbagai atraksi, seperti drum band taruna AAU, terjun payung dan unjuk kebolehan atraksi udara dari personel TNI AU. Sebanyak 60 pesawat TNI AU dari berbagai jenis, yang unjuk kebolehan dalam demo udara untuk memeriahkan dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke-70 tahun 2016 ini.

Berikut ini demo composite strike dalam unjuk kebolehan TNI Angkatan Udara, ada 16 pesawat tempur, terdiri dari 4 pesawat Sukhoi Su-27/30, 4 pesawat F-16, 4 pesawat Hawk 100/200 dan 4 pesawat T-50i, yang siap mendemontrasikan serangan udara strategis (OSUS). Selain itu, empat pesawat T-50i juga akan mendemostrasikan Serangan Udara Langsung (SUL).

Dan tidak kalah menariknya, masyarakat yang turut hadir serta menyaksikan atraksi dan demo serangan udara adalah atraksi Hypass oleh 16 pesawat Iatih Grob G-120 TP dengan membentuk angka “70” serta manuver cantik tim JAT yang diperankan oleh 6 pesawat KT-1 Woong Bee. Serta dua pesawat C130 Hercules yang menerjunkan ratusan prajurit Paskhasau dalam aksi terjun payung.


TNI Angkatan Udara, Siap Amankan Wilayah Dirgantara......!