Telkomsel; Bangun Industri Kreatif Digital Tanah Air

Telkomsel; Bangun Industri Kreatif Digital Tanah Air

Surabaya, Kabarindo- PT Telkomsel Tbk. mengadakan acara Digital Creative Indonesia (DCI) sebagai upaya untuk menggerakkan dan menginspirasi industri kreatif digital di tanah air guna membangun ekosistem DNA (Device, Network & Application) secara berkesinambungan.
 
Direktur Utama Telkomsel, Alex J Sinaga, berharap DCI mampu menciptakan hubungan harmonis antara Telkomsel, pengembang aplikasi dan produsen ponsel di Indonesia.
 
“Melalui DCI,  kami harap industri digital kreatif di Indonesia ini akan lebih dinamis serta menghasilkan lebih banyak inovasi dan karya anak negeri,” ujarnya pada Rabu (28/8).
 
Sebagai langkah awal DCI, dalam momentum kemerdekaan ke-68 Republik Indonesia, Telkomsel melalui Telkomsel Applications Developer (Teman Dev) menggandeng developer muda di Indonesia untuk memperkenalkan 68 aplikasi lokal karya anak negeri.
 
Dengan lebih dari 125 juta pelanggan, jalur distribusi, media channel dan infrastruktur yang dimiliki, Telkomsel optimis bersama dengan developer lokal akan mampu menggairahkan Industri Digital Kreatif Indonesia.
 
Telkomsel juga memberikan kesempatan kepada para developer lokal untuk menjadi anggota Bandung Digital Valley dan Jogja Digital Valley yang dimiliki Telkom dengan beberapa manfaat diantaranya dapat menggunakan co-working space, penggunaan ruang pertemuan dan memanfaatkan device testing.
 
Terdiri dari 8 kategori yaitu e-commerce, games, edutainment, entertainment, information, lifestyle, social media serta utilities. Semua aplikasi ini siap dinikmati dengan cara menghubungi *500*68# dan mengakses www.telkomsel.com/temandev. Beragam aplikasi ini dapat diunduh di beberapa platform sistem operasi ponsel seperti Android, Blackberry, Symbian dan Web Portal.
 
“Kami mengajak pelanggan untuk menggunakan beragam aplikasi ini dan berpartisipasi dalam mendukung aplikasi lokal buatan anak negeri. Tujuannya agar Local Apps bisa Go Global,” ujar Alex.
 
Telkomsel juga meluncurkan Digital Creative Indonesia Competition (DCIC) untuk menjaring potensi  muda di Indonesia. Kompetisi dengan tiga kategori lomba ini (Aplikasi Mobile Paling Indonesia, Video Paling Indonesia dan Kontributor Paling Indonesia) akan berlangsung hingga akhir Desember. Pemenangnya akan diumumkan pada Februari 2014.
 
“Kami harap kompetisi ini dapat menjaring sosok insan muda yang inspiratif dalam mendukung terbentuknya masyarakat digital Indonesia, yang siap bersaing secara global namun tetap mempertahankan nilai - nilai bangsa Indonesia,” ujar Alex.
 
DCIC terbuka bagi mahasiswa S1 dan S2  untuk kategori Aplikasi Mobile Paling Indonesia dan umum untuk kategori lainnya. Untuk mengikuti DCIC, peserta  dapat melakukan registrasi melalui website www.palingindonesia.com.