Telkomsel Gandeng Telkom Group; Operasikan Posko Peduli Banjir

Telkomsel Gandeng Telkom Group; Operasikan Posko Peduli Banjir

Jakarta, Kabarindo- Setelah sebelumnya memastikan jaringan dan layanan berjalan dengan baik.

Telkomsel bersama Telkom Group mulai mengoperasikan Posko Peduli Korban Banjir di tiga titik sekaligus yakni di Kampung Melayu, Jakarta Timur, Youth Center Otista, Jakarta Timur, dan Warakas - Tanjung Priok, Jakarta Utara terhitung mulai Sabtu (19/1) kemarin.

Direktur Utama Telkomsel, Alex J. Sinaga, berkesempatan meninjau langsung posko di Kampung Melayu didampingi Direktur Sales, Masud Khamid dan tim Satuan Tugas Penanggulangan Banjir Telkomsel.

Di posko-posko ini, Telkomsel beserta Telkom Group memberikan layanan pengobatan gratis, layanan telepon gratis, charging ponsel, dan akses Internet gratis melalui Wi-fi.

Dalam kesempatan itu juga diberikan bantuan berupa 2.000 nasi kotak gratis bagi korban bencana banjir dan truk yang dilengkapi dengan alat Water Purifier, yang mampu mensuplai air bersih untuk memenuhi kebutuhan para pengungsi.

Untuk membantu masyarakat mendapatkan informasi terkini terkait banjir, Telkomsel bekerja sama dengan BPBD DKI Jakarta menyediakan layanan SMS berbasiskan LBA (Location Base Advertising) yang memberikan info seputar banjir dan ketinggian pintu air, di wilayah-wilayah rawan dan terkena banjir.

"Kami turut prihatin dengan terjadinya banjir di Jakarta ini yang mengakibatkan aktivitas masyarakat menjadi terganggu dan sebagian lagi harus mengungsi ke tempat-tempat aman. Kami telah memastikan bahwa layanan telekomunikasi Telkomsel berjalan dengan normal sehingga masyarakat masih dapat berkomunikasi khususnya untuk berbagi informasi terkait bencana banjir," kata Dirut Telkomsel Alex J. Sinaga dalam publikasi yang diterima Beritasatu.com di Jakarta, Minggu (19/1).

Menurut Alex, pihaknya juga berupaya memberikan bantuan yang dapat meringankan beban para pengungsi dengan mendirikan posko Peduli Korban Banjir di titik-titik terparah banjir Jakarta.

"Kami berharap posko yang memberikan berbagai layanan telekomunikasi dan pengobatan gratis ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal oleh para pengungsi pada khususnya dan masyarakat pada umumnya," tambahnya.

Sementara itu, jaringan Telkomsel tidak mengalami gangguan berarti dan pelanggan tetap dapat melakukan komunikasi melalui telpon, SMS maupun data seperti biasa. Dalam musibah banjir ini tidak satupun site Telkomsel yang terendam banjir namun sebagian terkena dampak pemadaman listrik oleh PLN.

Untuk mengatasinya Telkomsel mengerahkan 124 unit genset portable dan mobile untuk menyuplai BTS - BTS yang putus aliran listriknya. Selain itu Telkomsel telah menambah kapasitas baterai backup di semua lokasi rawan banjir.

Telkomsel juga menggunakan perahu karet untuk menjangkau lokasi BTS sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan evakuasi dan makanan siap santap.

Di titik-titik penting yang merupakan sentra infrastruktur telekomunikasi, Telkomsel menyiapkan 6 posko siaga banjir, yakni di Gedung TTC Buaran, Gedung TTC BSD, Gedung TTC TB Simatupang, Gedung Atrium Mulia, Serang dan Karawang.

Setiap posko akan disiapkan pendukung alat produksi seperti mobile genset, dan juga unit siaga bencana TERRA (Telkomsel Emergency Response & Recovery Activity).

Adapun pelayanan pelanggan Telkomsel juga berlangsung seperti biasa. Saat ini layanan Area Jabotabek Jabar didukung oleh 18 GraPARI dan 60 GraPARI Mitra, yang tersebar di Metro Jakarta 6 GraPARI dan 15 GraPARI Mitra, Outer Jakarta 7 GraPARI dan 16 GraPARI Mitra, serta Jawa Barat 5 GraPARI dan 29 GraPARI Mitra. Keseluruhan setra pelayanan tersebut melayani pelanggan sesuai dengan jam operasional seperti biasa seperti dilansir dari laman beritasatu.