Telkomsel; Sukses Jadi Penyedia Jaringan Selular

Telkomsel; Sukses Jadi Penyedia Jaringan Selular

Surabaya, Kabarindo- Telkomsel sukses menjadi penyedia utama jaringan selular pada Sail Komod0 2013 yang berlangsung pada Jumat-Sabtu, 13-14 September lalu.

Operator ini ditunjuk Kementerian Komunikasi & Informatika (Kemkominfo) sebagai penyedia jaringan selular pada event tersebut.

Telkomsel berperan aktif mulai dari penguatan jaringan, menyediakan pusat layanan & informasi, USO (Universal Service Obligation) atau desa berdering, melakukan publikasi dan promosi wisata sesuai tema.

Dalam penyediaan jaringan selular, Telkomsel melipatgandakan kapasitas jaringan 2G maupun 3G di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT). Tujuannya untuk menjamin kelancaran komunikasi pelanggan, masyarakat dan wisatawan mancanegara selama event berlangsung.

Telkomsel telah menggelar 30 BTS termasuk 14 Node B (BTS 3G) di Labuan Bajo untuk melayani kebutuhan komunikasi masyarakat dan wisatawan. Penambahan kapasitas jaringan 2G dan 3G hingga dua kali lipat dilakukan pada 9 BTS 3G (Node B) di area Labuan Bajo.

Telkomsel juga memperkuat jaringan dengan mengerahkan compact mobile base transceiver (Combat) di 4 titik strategis Labuan Bajo. Selain itu menyediakan jaringan telekomunikasi di kapal cepat rudal (KCR-40) KRI Beladau-643 yang membawa Presiden RI menyeberang ke Pulau Komodo.

“Disamping penguatan jaringan, kami rutin melakukan drive test untuk memastikan kualitas jaringan di titik - titik strategis penyelenggaraan acara,” ujar Direktur Network Telkomsel, Abdus Somad Arief, pada Kamis (19/9).

Pada drive test di area Labuan Bajo, Telkomsel mengukur kekuatan sinyal 3G dan kualitas layanan data. Hasilnya memperlihatkan kekuatan sinyal Telkomsel secara umum baik dengan angka rata - rata Received Signal Code Power (RSCP)-75 dBm atau setara 4 bar sinyal di ponsel. Kecepatan download dengan menggunakan jaringan 3G rata-rata mencapai 1,5 Mbps.
“Kami berharap upaya penambahan kapasitas dan peningkatan kualitas jaringan serta menyediakan fasilitas pusat layanan dan informasi ini dapat membantu suksesnya Sail Komodo menjadi jembatan emas NTT sebagai destinasi pariwisata dunia,” ujar Abdus Somad Arief yang akrab dipanggil ASA.

Untuk menyukseskan Sail Komodo, Telkomsel telah meluncurkan kartu perdana khusus simPATI Sail Komodo pada Mei lalu. Masyarakat NTT dapat menikmati paket hemat Combo Mania siang dan malam dengan cara yang mudah. Pelanggan cukup mengisi ulang pulsa Rp 10.000, lalu menghubungi *999*777# mulai pukul 00.00 – 16.59 untuk mendapatkan paket tersebut. Pelanggan akan mendapatkan gratis nelpon 100 menit dan 50 SMS ke pelanggan simPATI, Kartu As dan kartuHalo serta internetan 5 MB. Bagi pelanggan yang mengaktifkan paket mulai pukul 17.00 hingga malam dapat menikmati paket serupa plus gratis 50 SMS tambahan ke sesama pelanggan Telkomsel.

Selain Paket Combo Mania, pelanggan simPATI Sail Komodo dapat menikmati paket hemat internetan 500 MB selama 14 hari dengan harga Rp 20.000.

Telkomsel juga membuka pelayanan dan menyediakan produk Telkomsel di titik - titik penyelenggaraan acara selama program Sail Komodo untuk memudahkan pelanggan dan masyarakat memperoleh kebutuhan komunikasi.

Selain itu, juga menyediakan paket hemat komunikasi bagi anggota TNI AD yang dapat menggunakan layanan telepon dan SMS secara gratis selama 24 jam ke sesama anggota.