Telkomsel Tambah 150 BTS; Antisipasi Komunikasi Lebaran

Telkomsel Tambah 150 BTS; Antisipasi Komunikasi Lebaran

Surabaya, Kabarindo- Operator seluler PT Telkomsel menambah 150 unit menara telekomunikasi (base transceiver station/BTS) di wilayah Jawa Timur (Jatim) untuk mendukung layanan komunikasi pelanggan saat Lebaran.

General Manager ICT Operation Telkomsel Region Jatim, Galumbang Pasaribu, dalam surat elektroniknya kepada ANTARA News Surabaya, Rabu malam, menyebutkan bahwa BTS baru itu telah termasuk dalam rencana pembangunan 1.500 unit BTS pada tahun 2013.

"Hingga Agustus ini kami telah menyelesaikan pembangunan hampir 900 unit BTS on air dengan perbandingan 70 persen BTS 3G/Node B dan 30 persen BTS 2G," katanya seperti dilansir dari laman antaranews.

Galumbang menjelaskan, penambahan kapasitas jaringan sudah memperhatikan kemungkinan terjadinya lonjakan trafik komunikasi di kota-kota tujuan mudik, baik pengiriman pesan singkat (SMS), telepon maupun akses Internet atau data.

Pada lebaran tahun ini, menurut dia, Telkomsel area Jatim menyiapkan kapasitas data sebesar 150 Terrabyte per hari atau setara dengan bandwith 13,5 Gigabyte (Gbps), 700 juta SMS per hari, dan layanan suara 20 juta menit panggilan.

"Dengan kapasitas jaringan sebesar itu diharapkan seluruh pelanggan akan sangat nyaman berkomunikasi saat berada di Jawa Timur," ujarnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, menurut dia, kemungkinan terjadi di 23 titik hotspot seperti tempat rekreasi, bandara, dan area publik, sehingga Telkomsel menyiapkan tambahan dua unit BTS bergerak (compact mobile base transceiver/CMBT) untuk melengkapi tiga unit yang sudah ada.

Ia memperkirakan, lonjakan trafik komunikasi suara pada lebaran tahun ini akan naik sekitar 6 hingga 7 persen, kemudian data (35 hingga 40 persen), SMS (150 persen), dan kenaikan jumlah pelanggan berkisar 7 hingga 10 persen.

"Kami juga telah menyelesaikan modernisasi jaringan 2G dan 3G di wilayah Jatim, sehingga seluruh jaringan 3G telah menggunakan teknologi HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dan HSUPA (High Speed Uplink Packet Access)," ujarnya.

Selain itu, ia menambahkan, Telkomsel telah menerapkan teknologi Capacity Pooling System pada jaringan utama untuk menjamin kehandalan dan kenyamanan.