Telkomsel; Tambah 20% Kapasitas Jaringan

Telkomsel; Tambah 20% Kapasitas Jaringan

Surabaya, Kabarindo- PT Telkomsel Tbk. siap mengantisipasi lonjakan trafik jaringan selama liburan Natal 2013 dan Tahun Baru 2014.
 
Langkah ini dilakukan dengan mengoptimalikan jaringan dan secara terjadwal meremajakan perangkat jaringan di seluruh Indonesia, termasuk di wilayah Jatim. Telkomsel juga menjaga kualitas jaringan agar pelanggan eksisting maupun yang sedang berlibur di kawasan wisata dapat tetap nyaman dalam melakukan komunikasi suara, SMS maupun data meski dalam kondisi over peak.
 
Menurut General Manager ICT Operation Telkomsel Region Jawa Timur, Galumbang Pasaribu, pihaknya secara rutin menyiapkan seluruh elemen dan menambah kapasitas jaringan agar dapat memberikan kenyamanan komunikasi bagi pelanggan saat liburan Natal dan Tahun Baru 2014.
 
“Kami melakukan siaga jaringan secara maksimal agar masyarakat di Jatim dan wisatawan yang berlibur di daerah ini tetap nyaman berkomunikasi,” ujarnya pada Jumat (6/12).
 
Telkomsel secara terjadwal melakukan uji jaringan di beberapa area yang diprediksi menjadi pusat keramaian masa liburan Natal dan Tahun Baru di Jatim seperti tempat wisata, bandara, terminal, pelabuhan penyeberangan dan pusat perbelanjaan. Uji jaringan ini lebih fokus pada penggunaan layanan data dalam kondisi mobile maupun steady atau tidak bergerak.
 
Hal ini untuk memastikan kenyamanan penggunaan layanan data yang menjadi kebutuhan masyarakat dan tren di era mobile lifestyle. Diperkirakan akan terjadi peningkatan trafik komunikasi SMS sebesar 40%, suara naik hingga 15% dan layanan data melonjak hingga 40% dibandingkan pada hari - hari biasa.
 
Di Jatim peningkatan kapasitas jaringan lebih dari 20% difokuskan di daerah padat kunjungan wisatawan seperti Surabaya, Malang, Madiun, Jember hingga jalur Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi.
 
Selain memantau kualitas jaringan di lapangan, Telkomsel juga memperhatikan ketersediaan produk di pasar dan memastikan kesiapan layanan.
 
Menjelang akhir tahun, Telkomsel telah memiliki lebih dari 67.000 BTS di seluruh Indonesia termasuk 15.000 unit BTS 3G. Dari jumlah ini, 7% berada di Jatim. Untuk memenuhi kebutuhan komunikasi mobile data, pada 2014, Telkomsel akan membangun lebih dari 1392 BTS baru di Jatim yang 75 persennya adalah BTS 3G.
 
Pada periode Natal dan Tahun baru 2013, Telkomsel mampu mengantisipasi peningkatan trafik komunikasi di Jatim dengan melayani 19,76 Tera Byte trafik layanan data. Angka ini lebih tinggi sekitar 40% dibandingkan trafik layanan data yang rata - rata mencapai 14,04 Tera Byte setiap hari. Pada 25 Desember 2012, trafik layanan suara mencapai sekitar 1.890.000 erlang atau meningkat 5.5% dibandingkan trafik pada hari – hari biasa sekitar 2.000.000 erlang. Lonjakan tajam terjadi pada trafik SMS yang mencatat lebih dari 52,5 juta SMS atau melonjak 42% dibandingkan trafik pada hari – hari biasa yang hanya 37 juta SMS per hari.