Tenggelammnya Kapal Van Der Wijck: Raih Piala Jati Emas

Tenggelammnya Kapal Van Der Wijck: Raih Piala Jati Emas

Jakarta, Kabarindo- Film Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck produksi Soraya Intercine Films berhasil keluar sebagai film terlaris 2013 versi Akademi Film Indonesia.

"Akademi Film Indonesia mempersembahkan piala jati emas untuk film terlaris 2013," ujar anggota Akademi Film Indonesia Mira Lesmana saat memberikan penghargaan itu di Jakarta, Senin.  Film yang diilhami novel karangan Buya Hamka itu berhasil menyedot 1,724 juta penonton.

"Tahun 2013, perolehan penonton film di Tanah Air berada di titik terendah dalam lima tahun terakhir," kata dia.

Salah satu penyebab kurangnya penonton, adalah kurangnya magnet film yang diproduksi pada tahun itu.

Ram Soraya yang menerima penghargaan tersebut mengatakan, salah satu kiat agar film banyak ditonton adalah harus membuat film dengan hati.

"Begitu juga buku yang diangkat ke layar lebar, harus benar-benar yang bagus dan sesuai dengan selera pasar," katanya. Ia menambahkan tidak seluruh buku bisa diangkat ke layar lebar.

Selain itu tiga penghargaan lainnya yakni skenario terbaik, film terbaik, dan sutradara terbaik diraih film What They Dont Talk When They Talk About Love.

Penilaian berlangsung dalam tiga tahap yakni pengumpulan rekomendasi film, penentuan unggulan dan pemilihan pemenang seperti dilansir dari laman antaranews.