Tips Sehat Untuk Anak; Hadapi Cuaca Ekstrim

Tips Sehat Untuk Anak; Hadapi Cuaca Ekstrim

Surabaya, Kabarindo- Musim hujan saat ini bisa menimbulkan cuaca ekstrim yang mudah mengakibatkan berbagai penyakit terutama pada anak - anak yang rentan sakit.
 
Kondisi tubuh anak berbeda dengan orang dewasa. Imunitas anak lebih rendah dan kurang stabil. Anak - anak balita cenderung rentan terserang penyakit saat cuaca ekstrim.
 
Menurut dr. Kusdwiyono, SpA. dari RS Husada Utama Surabaya, ada tiga faktor pendukung dalam proses timbulnya penyakit pada tubuh seseorang yaitu kondisi tubuh manusia, kuman penyebab dan kondisi lingkungan tempat tinggal manusia.
 
Kondisi tubuh manusia
Kondisi tubuh bayi dan anak - anak  sedang dalam masa pertumbuhan sehingga rentan terhadap resiko penularan penyakit. Sistem kekebalan tubuh mereka belum berkembang sempurna.
 
Kuman, parasit, bakteri dan virus
Penyebab penyakit baik kuman, parasit, bakteri dan virus sebenarnya dapat menginfeksi kapan saja pada tubuh manusia tanpa mengenal musim. Namun pada saat cuaca ekstrem, kuman lebih cepat berkembang dan menular karena daya tahan kekebalan tubuh manusia kurang stabil.
 
Lingkungan
Lingkungan di sekitar kita berperan dalam menunjang kondisi kesehatan. Dr. Kusdwiyono menganjurkan untuk mengupayakan pergantian udara di rumah. Matikan AC sebentar setiap pagi, buka jendela dan pintu agar udara bersih dan cahaya matahari masuk ke dalam rumah. Cuci karpet yang kotor, periksa bawah karpet dan kursi spons apakah ada jamur dan serangga.
 
Buang sampah dan tutup bak sampah agar tidak dihinggapi lalat. Kuras bak mandi, kolam ikan dan kolam renang secara rutin untuk menghindari jentik nyamuk berkembangbiak. Gunakan kelambu saat tidur di daerah rawan malaria, cegah tempat berkembang biak nyamuk, bersihkan got atau selokan sekitar rumah. Juga buang barang bekas yang menumpuk dan tidak berguna.
 
Dr. Kusdwiyono memberikan tips untuk menjaga kesehatan tubuh anak pada saat cuaca ekstrem.
1. Berikan makanan dan minuman bergizi terutama yang mengandung vitamin C untuk daya tahan tubuh. Usahakan buatan sendiri, hindari kebiasaan jajan sembarangan termasuk minum es.
2. Anak - anak dibiasakan mencuci tangan dan kaki setiap pulang sekolah, sebelum dan sesudah makan, juga bila tangan  kotor setelah bermain. Memotong kuku secara rutin.
3. Hindari berhujan - hujan dan bermain di tempat banjir atau genangan air tempat nyamuk.
4. Mandi teratur, ganti pakaian bila basah dan kotor. Kenakan pakaian hangat ketika cuaca dingin agar anak tidak mengalami penurunan suhu tubuh secara drastis.
5. Perhatikan lokasi anak bermain, lingkungan bersih, tidak ada genangan air, terhindar dari nyamuk serta hindari tempat yang lembab dan berjamur.
6. Upayakan setiap bayi mendapat kekebalan alami dari ibu dengan ASI dan imunisasi yang diperlukan.
7. Jika terkena ISPA, gunakan masker pada anak agar tidak menulari teman – temannya. Begitu pula sebaliknya.