Tribute To Gombloh; Siap Di Gelar 27 November Mendatang

Tribute To Gombloh; Siap Di Gelar 27 November Mendatang

Surabaya, Kabarindo- Musisi kenamaan Sawung Jabo datang ke Surabaya dalam rangka khusus.

Dia berencana mengadakan konser Tribute to Gombloh yang dipentaskan pada 27 November nanti di Parkir Timur Plaza Surabaya.

Dalam acara yang diadakan Sawung Jabo bekerjasama dengan Hengky Kurniadi sebagai produser itu, 15 band dari Surabaya, Jogjakarta, Jakarta, dan Denpasar bakal tampil. Masing-masing band menyanyikan tiga lagu. Yakni, dua lagu milik mereka sendiri dan satu lagu dari Gombloh.

Jabo bermimpi menyelenggarakan acara tersebut sejak delapan tahun lalu. "Bagaimanapun juga, seorang Gombloh itu adalah seniman yang karyanya sudah melekat di hati masyarakat. Dua karya menjadi tembang yang longlasting. Misalnya, Kebyar-kebyar dan Berita Cuaca," papar laki-laki yang kini menetap di Sydney, Australia, tersebut saat bertandang ke redaksi Jawa Pos Surabaya.

Apalagi, Gombloh merupakan teman seperjuangannya di dunia musik pada era 1970-an. Bagi Jabo, Gombloh adalah musisi besar. Rendah hati dan tidak pernah berlagak.

Gayung pun bersambut ketika Jabo bertemu dengan Hengky Kurniadi. Pengusaha yang nyaleg DPR itu pernah bertemu Gombloh di saat-saat terakhir sebelum tiada. Hengky pun merasa mempunyai janji kepada Gombloh.

"Sewaktu menjenguk Gombloh di RS Darmo, saat itu saya masih berstatus sebagai mahasiswa. Hobi saya adalah memotret dan bawa kamera ke mana-mana. Di situ Gombloh meminta saya untuk memotret dia dan keluarga. Tapi, belum kesampaian beliau meninggal. Saya ingin membayar janji dengan memotret karyanya," ucap Hengky seperti dilansir dari laman jpnn.