Universitas Negeri Malang; Jadi Juara Umum MTQMN 2015

Universitas Negeri Malang; Jadi Juara Umum MTQMN 2015

Jakarta, Kabarindo- Universitas Negeri Malang, Jawa Timur meraih predikat juara umum dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-14 tahun 2015 yang berlangsung sejak 1 Agustus lalu di Kampus Universitas Indonesia (UI) Depok di Jawa Barat.

Kejuaraan MTQMN ditutup Jumat (7/8) di Balairung UI yang juga dihadiri oleh Menristek Dikti Muhamad Nasir, Rektor UI Muhammad Anis, para Dewan Pengawas, Dewan Hakim, dan panitera serta para mahasiswa perwakilan dari 167 perguruan tinggi di Indonesia yang telah berjuang pada ajang perlombaan MTQMN ke-14 itu.

Dalam sambutannya sebagaimana disampaikan melalui siaran pers, Menristek Dikti Muhamad Nasir menyampaikan apresiasinya terhadap daya juang para kafilah yang datang dari seluruh wilayah di Indonesia.

Lebih lanjut, senada dengan Nasir, Rektor UI Muhammad Anis juga memberikan apresiasi luar biasa perjuangan para kafilah pada ajang perlombaan MTQMN ini.

"Semangat yang kalian junjung di dalam meningkatkan syiar Al-Quran patut diapresiasi luar biasa karena melalui kalian lah budaya membaca Al-Quran dapat mendarah daging di dalam kehidupan umat Islam khususnya para mahasiswa Indonesia di tanah air kita ini," kata Anis.

Ia mengharapkan melalui pelaksanaan MTQMN ini, UI sebagai universitas yang menyandang nama besar bangsa mampu menjadi jembatan yang menghubungkan dan menyatukan keberagaman serta kebhinekaan yang dibangun dengan akhlak yang baik sehingga menciptakan masyarakat yang sejahtera.

Sementara itu, juara umum kedua ajang MTQMN tersebut diraih oleh Universitas Syiah Kuala dan juara umum ketiga diraih oleh Universitas Airlangga dan Universitas Indonesia.

Para peraih peringkat terbaik I, II, III, serta harapan I, II, dan III secara berturut-turut meraih uang tunai senilai Rp7.500.000, Rp6.000.000, Rp5.000.000, Rp2.500.000, Rp1.500.000, dan Rp1.000.000 serta mendapatkan piala dan sertifikat seperti dilansir dari laman antaranews.