XL; Punya Program Komputer Untuk Sekolah Interaktif

XL; Punya Program Komputer Untuk Sekolah Interaktif

Surabaya, Kabarindo- PT XL Axiata telah meluncurkan program Komputer Untuk Sekolah Interaktif (KUSi) dan secara simbolis menyerahkan seperangkat komputer kepada sekolah penerima bantuan.

Program KUSi tahun ini merupakan penyelenggaraan tahun ke-5 yang menyediakan fasilitas teknologi informasi komunikasi (TIK) di lingkungan sekolah untuk digunakan sebagai pendukung sarana belajar mengajar bagi guru dan siswa.

Vice President Corporate Communications XL, Turina Farouk, mengatakan saat ini kita berada di era teknologi yang bergerak cepat, di mana informasi dan komunikasi berkembang dan menjadi bagian penting kehidupan sehari-hari, termasuk di dunia pendidikan.

“KUSi merupakan salah satu upaya XL untuk membantu upaya pemerintah memeratakan kualitas pendidikan. Program ini lebih memprioritaskan sekolah - sekolah berprestasi namun kurang memiliki fasilitas komputer dan akses internet untuk menunjang kegiatan belajar dan mengajar,” ujarnya pada Senin (25/11).

Tahun ini XL menyediakan 225 unit komputer yang akan didistribusikan ke 75 sekolah di 27 kota / kabupaten. Yaitu DKI Jakarta, Kuningan, Tangerang Selatan, Bekasi, Serang, Cilegon, Indramayu, Cirebon, Garut, Cianjur, Sleman, Gunung Kidul, Karanganyar, Semarang, Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan, Gianyar, Klungkung, Palembang, Tembilahan, Bangkinang, Pekanbaru, Dumai, Kendari dan Pontianak.

Selain mendonasikan komputer, program KUSi juga memberikan pelatihan pengoperasian komputer dan social media kepada guru dan murid dari setiap sekolah yang mendapatkan donasi. Agar manfaat donasi KUSi bisa maksimal, XL akan memantau pemanfaatan donasi kepada setiap sekolah penerima. Selanjutnya, akan diadakan kompetisi pemanfaatan komputer dan social media di antara setiap sekolah yang menerima KUSi.

Untuk penyelenggaraan program KUSi tahun ini, XL bermitra dengan PKPU dalam melakukan pendataan kebutuhan, distribusi dan pendampingan program. PKPU akan bekerja sama dengan kantor - kantor regional XL dalam melakukan pemantauan. Juga ada British Telecom yang mendukung dalam bentuk donasi 45 komputer yang akan disebar di 15 sekolah di Jabodetabek.

Data dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pendidikan menyebutkan, hanya 30% sekolah di Indonesia yang mempunyai laboraturium komputer dan hanya 10%-15% dari 3,31 juta guru yang memiliki pemahaman dan kemampuan menggunakan internet dengan baik.

Selain program KUSi, XL juga memiliki program X-tra Learning yaitu beasiswa kepada pelajar dan mahasiswa berprestasi.