Yuk Nikmati Patin Super Pedas; Menggoyang Lidah

Yuk Nikmati Patin Super Pedas; Menggoyang Lidah

Surabaya, Kabarindo- Anda penggemar masakan berbahan ikan dan rasanya pedas?
 
Tampaknya anda perlu mencicipi menu sajian Bisanta Bidakara ini, Patin Super Pedas kreasi Executif Chef Rochim bersama tim dapur hotel.
 
Patin Super Pedas menjadi menu andalan yang ditawarkan bagi para pecinta kuliner selama September-Oktober. Menu ini baru disajikan begitu dipesan. Jadi dalam keadaan segar sehingga rasanya maknyus. Lezat, gurih campur puedas. Dikatakan super pedas karena menggunakan cabe rawit sebanyak 25 gram atau sekitar 15 biji. Bagi penggemar pedas, ini justru menjadi tantangan untuk menikmati menu tersebut.
 
Chef Rochim mengatakan, ia menggunakan bahan ikan patin karena dagingnya lunak. Selain bandeng, dorang, gurame dan mujair, patin juga bisa diolah menjadi beberapa menu dan tak kalah enak dengan jenis-jenis ikan lainnya.
 
Satu porsi menu berisi seekor ikan patin goreng berukuran sekitar 250 gram. Ikan patin disajikan dengan saos di atasnya yang terbuat dari bawang merah, bawang putih, cabe merah dan cabe rawit, daun jeruk, serai, merica, garam, gula dan tomat.
 
“Bumbu dan saos yang digunakan memang sederhana. Karena itu, menu ini bisa disajikan dengan cepat meskipun baru diolah begitu dipesan,” ujar Chef Rochim pada Senin (29/9/2014).
 
Jika ingin membuat Patin Super Pedas sendiri, kita bisa mencobanya di rumah. Bahannya selain ikan patin adalah minyak goreng, tomat dan gula dengan bumbu bawang merah dan putih, cabe merah dan cabe rawit, daun jeruk, serai, merica dan garam.
 
Cara mengolahnya mudah. Bersihkan ikan patin dan buang isi perutnya lalu beri air jeruk nipis untuk menghilangkan amis. Ikan selanjutnya dimarinade hingga meresap. Panaskan minyak sampai mendidih, lalu masukkan ikan. Goreng sampai matang. Letakkan ikan di piring lalu sirami saos hingga merata. Sajikan dengan nasi putih hangat. Siap disantap.
 
Menurut Chef Rochim, Patin Super Pedas cocok disantap kapan saja, siang maupun malam. Lebih afdol jika dilengkapi lalapan kemangi. Selain berfungsi mengurangi bau mulut dan bau badan dari sisi kesehatan, kemangi juga membuat makanan tambah sedap.
 
Menyantap Patin Super Pedas bisa didampingi minuman apapun, yang hangat maupun dingin. Terserah selera. Mungkin ada yang lebih menyukai minuman dingin untuk menetralisir rasa pedas misalnya es teh, jus jeruk. Namun bisa juga mencoba minuman lain. Bisanta menawarkan Coconut Dreams dan Toffee Latte yang layak dicoba.
 
Tertarik mencicipi Patin Super Pedas? Dijamin menggoyang lidah dan bakal bikin ketagihan.