Zinc Trail Run 2016 Siap Digelar Di Taman Dayu; Jarak Tempuh 12 Km

Zinc Trail Run 2016 Siap Digelar Di Taman Dayu; Jarak Tempuh 12 Km

Surabaya, Kabarindo- Makin banyak orang yang menggemari olahraga lari, karena bukan hanya membuat badan sehat, namun juga sudah menjadi bagian dari gaya hidup.

Para penggemar lari mendapat kesempatan untuk menyalurkan hasrat mereka dalam Zinc Trail Run 2016 yang akan diadakan di Taman Dayu Pandaan pada 3 April 2016 dengan jarak tempuh 12 kilo (12 K).

Para peminat bisa mengikuti event ini dengan mendaftar secara online di www.amazinctrailrun.com yang akan ditutup pada 31 Maret 2016. Peserta membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 150 ribu untuk mendapatkan race pack berisi jersey, running bag, water bladder, whistle, manual book, masker, shampoo dan kupon doorprize.

Zinc Trail Run 2016 juga menyediakan hadiah uang tunai bagi 3 juara pada masing-masing kategori. Untuk kategori pria maupun wanita, masing-masing juara I mendapat Rp. 10 juta, juara II Rp. 5 juta dan juara III Rp. 3 juta.

Lilik Sianto, Marketing Support Manager Wings Surya Surabaya, panitia penyelenggara, mengatakan pihaknya menargetkan 1.000 peserta dengan kategori pria dan wanita berusia di atas 12 tahun. Saat ini sudah tercatat sekitar 180 peserta.

Ia optimistis jumlah ini akan terus bertambah sejalan dengan kegiatan pre-event seperti car free day dan Zinc Goes to Campus pada Maret mendatang. Bahkan mungkin jumlah peserta bakal melebihi target, mengingat makin banyak orang yang gemar berlari.

Agus Gianto, Product Coordinator Zinc Shampoo, mengatakan pihaknya mengadakan event tersebut karena ingin memberikan tantangan yang lebih dari lomba lari lainnya dengan medan lari yang berbeda. Zinc Trail Run 2016 merupakan lomba lari 12 km yang dilakukan di perbukitan yang melewati jalan bebatuan, menanjak, menurun, perkebunan dan hutan pinus.

“Kami ingin memberi wadah bagi para penggemar trail running untuk meningkatkan kemampuan dalam berlari. Peserta akan merasakan keindahan dan kesejukan alam Taman Dayu serta pengalaman yang berbeda dari trail running di tempat lainnya,” ujarnya pada Sabtu (27/2/2016).

Menurut Reza Ferdian dari komunitas lari Indorunners, trail running seperti lari di jalan raya. Bedanya trail running berlari di jalur setapak, perbukitan, jalur hiking di pegunungan atau  jalur lainnya. Sedangkan medan lari yang berlokasi di ketinggian 2.000 meter di atas permukaan laut biasanya disebut Sky Running, karena dari ketinggian tersebut biasanya pelari berada sejajar atau di atas kumpulan awan.

“Trail running selain membuat badan sehat karena berlari di udara nan sejuk di pegunungan jauh dari polusi kota, juga menjadi salah satu cara baru menjelajah alam Indonesia yang kaya dan indah,” ujarnya.

Min Lay, Hash Master dari komunitas Asri HHH yang ditunjuk sebagai race management, mengatakan trail running membutuhkan kondisi fisik yang cukup terlatih dalam berlari, juga perlengkapan standar seperti pakaian lari dan sepatu yang memadai.

Pada saat event berlangsung di Taman Dayu nanti, setelah peserta menuntaskan trail running akan mendapatkan perawatan rambut, bisa menikmati bazar kuliner dan hiburan musik dengan MC Rico Ceper.