Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Aksi Sosial Andalan Feminine Care; Tingkatkan Kesehatan Reproduksi Masyarakat

Aksi Sosial Andalan Feminine Care; Tingkatkan Kesehatan Reproduksi Masyarakat

Iptek | Rabu, 24 Juli 2019 | 12:14 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Aksi Sosial Andalan Feminine Care; Tingkatkan Kesehatan Reproduksi Masyarakat

Lombok, Kabarindo- Kesehatan reproduksi merupakan salah satu modal utama bagi perempuan untuk dapat mewujudkan kehidupan yang sehat dan bahagia.

Namun, seringkali kondisi seperti kurangnya akses sanitasi, fasilitas kesehatan yang kurang memadai, hingga kurangnya akses terhadap pengetahuan tentang kesehatan reproduksi yang komprehensif menjadi kendala bagi perempuan dalam menjaga kesehatan reproduksinya. Menyadari akan hal tersebut, Andalan Feminine Care sebagai brand kesehatan reproduksi di Indonesia, bekerjasama dengan PKBI NTB menyelenggarakan penyuluhan kesehatan reproduksi kepada masyarakat di Dusun Teluk Kode, Desa Malaka, Lombok Utara.

Maharani Anindita, Brand Manager Andalan Feminine Care mengungkapkan “Warga Dusun Teluk Kodek merupakan salah satu yang terdampak bencana gempa bumi pada tahun 2018 lalu. Situasi bencana memperparah kondisi kesehatan reproduksi perempuan karena sarana toilet dan air bersih biasanya kurang memadai, sehingga mempersulit mereka dalam memenuhi kebutuhan kesehatan reproduksi seperti menstruasi, mengandung, melahirkan, hingga menyusui. Selain itu, perempuan di dusun ini rata-rata menikah muda pada umur 13-14 tahun.  Untuk itu, Andalan Feminine Care bermitra dengan PKBI NTB, menyelenggarakan penyuluhan ini sebagai sarana edukasi bagi perempuan di Dusun Teluk Kodek, Desa Malaka, Lombok Utara”.

Kegiatan yang dihadiri oleh seratus Ibu dan perempuan di Dusun Teluk Kodek ini juga dihadiri oleh sejumlah perwakilan dokter serta tenaga kesehatan dari PKBI NTB, yaitu dr. Ratna Dewi, Maryati Rahayu, dan dr. Handomi. Dalam penyuluhan tersebut, peserta mendapatkan berbagai bekal pengetahuan kesehatan reproduksi seperti cara menjaga kebersihan organ reproduksi baik pada aktivitas sehari-hari maupun pada saat menstruasi, pembekalan mengenai pentingnya pemberian ASI, hingga pentingnya perencanaan keluarga dengan berkontrasepsi.

"Banyak sekali masyarakat di Dusun Teluk Kodek, terutama ibu-ibu dan perempuan yang tidak terlalu paham mengenai organ reproduksi, cara penggunaan alat-alat kontrasepsi, hingga masih percaya berbagai mitos tentang kesehatan reproduksi. Hal ini dikarenakan mereka tinggal di daerah pedalaman, jauh dari fasilitas kesehatan dan jarang mendapatkan penyuluhan" ujar dr Ratna Dewi dari PKBI NTB salah satu pembicara pada acara tersebut. Pernyataan dr. ratna Dewi tersebut juga ditunjang oleh data mengenai partisipasi perempuan di Nusa Tenggara Barat yang mengikuti KB dengan metode kontrasepsi modern masih sangat minim yaitu sebesar 35,9 persen . Padahal, penggunaan kontrasepsi juga menjadi tolak ukur bagi seorang Ibu untuk menjaga kesehatan reproduksinya sehingga dapat menjaga jarak kelahiran antar anak satu dengan yang lain.
Lebih lanjut, kata dr. Ratna Dewi, bencana gempa yang terjadi di Lombok tahun lalu masih berdampak kepada masyarakat hingga saat ini dan dapat mengganggu kesehatan reproduksi. "MCK belum maksimal, masih banyak orang yang turun untuk mendapatkan sumber air. Pakai MCK bersama-sama tetangga. Ini yang perlu diperhatikan untuk mengurangi masalah infeksi. Karena faktor air bersih dan ketidak-tahuan merawat kesehatan reproduksi. Bahkan masih ada juga perempuan yang menggunakan kain ketika menstruasi," ungkapnya.
Untuk memenuhi kebutuhan kesehatan reproduksi kaum Ibu dan perempuan di Dusun Teluk Kodek, Andalan bersama mitra lainnya turut membagikan produk kesehatan berupa pembersih kewanitaan Andalan Feminine Care, pembalut Kotex, serta suplemen pelancar asi, Lactaboost yang berguna untuk membantu Ibu dalam proses menyusui. Kehadiran Andalan Feminine Care menjadi solusi untuk merawat area kewanitaan mengingat keterbatasan fasilitas air bersih di desa. Selain itu, para Ibu juga mendapatkan layanan konsultasi kesehatan reproduksi secara gratis pada acara tersebut.

Kegiatan penyuluhan ini merupakan bagian dari rangkaian Fresh Inspiration sebuah kegiatan yang diselenggarakan oleh Andalan Feminine Care untuk ‘Berani Alami Beri Inspirasi’ bersama brand talent, influencer dan juga para pemenang #FreshInspiration digital competition di Jakarta. Selain melakukan perjalanan seru di Lombok serta mengunjungi berbagai tempat wisata disana, mereka juga melakukan olahraga poundfit dan yoga, serta berbagi inspirasi kepada perempuan di Lombok mengenai pentingnya kesehatan reproduksi.
“Andalan merupakan brand kesehatan reproduksi yang memiliki visi dan misi untuk menjadi sahabat bagi perempuan di Indonesia dalam hal kesehatan reproduksi. Untuk itu, merupakan komitmen kami untuk selalu menjadi yang terdepan dalam hal mengedukasi masyarakat Indonesia tentang pentingnya kesehatan reproduksi bagi perempuan, serta menginspirasi mereka untuk selalu berani meraih mimpi dan cita-citanya dengan kesehatan reproduksi yang terjaga” Ujar Brand Manager Andalan Feminine Care menutup.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER