BI Jatim Adakan Showcase Produk UMKM Unggulan; Dukung Gernas BBI

BI Jatim Adakan Showcase Produk UMKM Unggulan; Dukung Gernas BBI

BI Jatim Adakan Showcase Produk UMKM Unggulan; Dukung Gernas BBI

Promosikan produk UMKM Jatim dan ajak masyarakat untuk memilih produk dalam negeri

Surabaya, Kabarindo- Dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang dicanangkan Presiden RI sejak 2020, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan kegiatan Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur di Gedung De Javasche Bank pada Rabu (3/2/2021).

Kegiatan yang menghadirkan produk lokal terbaik binaan BI Jatim ini dihadiri oleh Emil Dardak, Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur, Ketua Dekranasda Jawa Timur, Anggota DPR RI, Indah Kurnia, dan mitra strategis Bank Indonesia Jawa Timur lainnya.

Showcase Produk UMKM Unggulan Jawa Timur ini merupakan bagian dari kick off penyelenggaraan Karya Kreatif Indonesia (KKI) yang diadakan oleh Bank Indonesia setiap tahun. KKI 2021 berfokus pada promosi produk kerajinan lokal Indonesia, khususnya produk kain, tenun dan kerajinan terbaik dari seluruh Indonesia.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Timur, Difi A. Johansyah, mengatakan showcase ini merupakan upaya Bank Indonesia untuk mempromosikan produk UMKM Jawa Timur dan mengajak masyarakat untuk memilih produk dalam negeri.

Emil Dardak mengapresiasi inisiatif Bank Indonesia dalam mendukung produk lokal Jawa Timur. Ia berharap, showcase tersebut bisa menjadi stimulus yang mampu mendorong kinerja UMKM Jawa Timur menjadi lebih baik di tengah pandemi ini.

Showcase yang diadakan secara terbatas sesuai dengan protokol kesehatan ini, menghadirkan produk kain premium batik, kerajinan home decor, produk berbahan kulit, kopi premium hingga makanan olahan ikan dan sambal.

Pameran tersebut kemudian dirangkai dengan fashion show kain terbaik dari UMKM yang dikreasikan oleh Desainer Gita Orlin. Kain-kain terbaik ini dirancang menjadi gaun yang cantik.

Setelah fashion show berlangsung, Bank Indonesia mengajak para tamu untuk menikmati private tour Gedung De Javasche Bank sebagai wujud dukungan untuk menggalakkan program Gernas BBI.

Difi juga mengajak masyarakat untuk berkunjung ke Gedung De Javasche Bank yang merupakan cagar budaya peninggalan zaman Belanda, ketika pandemi berakhir nanti.

Penulis: Natalia Trijaji