Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > BlibliMart Perkuat Posisi; di Pasar Online Groceries Jatim

BlibliMart Perkuat Posisi; di Pasar Online Groceries Jatim

Ekonomi & Bisnis | Selasa, 29 September 2020 | 21:14 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
BlibliMart Perkuat Posisi; di Pasar Online Groceries Jatim

BlibliMart Perkuat Posisi; di Pasar Online Groceries Jatim

Mudahkan seller dan pelanggan lakukan aktivitas ritel secara online

Surabaya, Kabarindo- BlibliMart, kategori groceries di mal lokal Blibli, memperkuat dukungannya di pasar ritel Jawa Timur dengan menghadirkan berbagai fitur, solusi dan inisiatif untuk memperlancar aktivitas konsumsi.

Kelancaran aktivitas ritel, termasuk bagi para UMKM, sangat penting dalam percepatan pemulihan ekonomi, termasuk di tingkat Jatim dan skala nasional.

Mohamad Iqbal Nurcahyo, Senior Merchandising Manager BlibliMart Category Blibli, merujuk pada data BPS Jatim yang menyebutkan pertumbuhan ekonomi di Jatim pada Triwulan II/2020 menurun hingga -5,9%, sedangkan konsumsi rumah tangga Jatim turun -4.79%. Masyarakat kini fokus pembelanjaan pada kebutuhan pokok. Karena itu, penting bagi para pelaku usaha untuk bekerja sama memastikan ketahanan dan keberlanjutan industri ritel yang menjadi penggerak ekonomi daerah.

Iqbal mengatakan, sejak awal tahun, BlibliMart telah berusaha untuk mendukung pasar Jatim yang merupakan pasar terbesar bagi BlibliMart di luar Jabodetabek. Perpaduan usaha Blibli dan kondisi pandemi mengakselerasi adopsi teknologi digital oleh pelaku pasar Jatim. Hal ini mendongkrak jumlah seller sebanyak 2,5 kali pada semester I/2020 jika dibandingkan periode sama pada tahun sebelumnya.

Tatum Ona Kembara, VP Business Growth BlibliMart Category Blibli, menambahkan BlibliMart menyediakan solusi bagi seller, termasuk UMKM Jatim, untuk terus melanjutkan usaha di tengah pandemi. Sebagai salah satu industri yang masih terus beroperasi di tengah berbagai pembatasan, Blibli dapat secara konsisten menghadirkan kesempatan pasar bagi seller dengan membuka akses ke pelanggan di seluruh Indonesia.

BlibliMart turut mendukung kampanye Bangga Buatan Indonesia milik pemerintah melalui inisiatif perusahaan yaitu #KarenaLokalNo1, yang berfokus mendorong para pelaku UMKM untuk berjualan secara online. Blibli membantu para pelaku UMKM berjualan di platform selama pandemi dengan mempercepat proses pendaftaran, meniadakan komisi serta deposito untuk seller baru di BlibliMart, menyediakan modal untuk melakukan pemasaran digital dan memberikan pelatihan kewirausahaan digital.

“Keberlanjutan bisnis ritel, khususnya UMKM, sangat penting bagi percepatan pemulihan ekonomi, mengingat besarnya kontribusi UMKM bagi ekonomi tingkat daerah maupun nasional, ujar Tatum.

Selain itu, Blibli menyediakan layanan Fulfillment by Blibli (FBB) untuk seller, di mana Blibli menangani keseluruhan proses logistik, mulai dari warehousing hingga pengiriman, untuk mengurangi biaya yang dikeluarkan seller jika harus menangani logistik sendiri. FBB didukung oleh armada kurir BES serta kehadiran satu warehouse dan dua hub milik Blibli di Sidoarjo dan Sukomanunggal. Secara total, Blibli menjalankan 20 warehouse dan 32 hub di 15 kota besar di Indonesia.

Iqbal menyebutkan, jumlah seller terus tumbuh dan kini mencapai 775 seller. Jumlah order kepada BlibliMart di Jatim juga meningkat 2 kali lipat pada semester I/2020 secara tahun ke tahun. Selama pandemi, pelanggan Jatim banyak berbelanja di kelompok produk keperluan bayi & anak, makanan instan dan sembako, yang menunjukkan pelanggan Jatim fokus pada kebutuhan primer.

Yanuar, owner Hannah Queen, mengatakan pada bulan-bulan awal pandemi, penjualannya mengalami penurunan. Namun selama 2 bulan ini mulai meningkat lagi. Ia optimis penjualannya akan terus meningkat seiring dengan makin banyak orang yang suka berbelanja secara online. Untuk itu, ia akan menambah varian produknya.

Untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang menyeluruh bagi pelanggan, Blibli menawarkan berbagai opsi pengiriman, termasuk free delivery dan pengiriman cepat seperti scheduled delivery, same day delivery dan instant delivery. Blibli juga menyediakan opsi pembayaran dengan 10 metode pembayaran bersama 38 mitra pembayaran, termasuk PayLater, layanan keuangan berbasis kredit dari Blibli.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER