Ebisu Tawarkan Lezatnya Sawara Teriyaki; Dipadu Segarnya Witches

Ebisu Tawarkan Lezatnya Sawara Teriyaki; Dipadu Segarnya Witches

Ebisu Tawarkan Lezatnya Sawara Teriyaki; Dipadu Segarnya Witches

Sajikan menu berbahan ikan tengiri dan kopi soda

Surabaya, Kabarindo- Semakin mudah mencari resto yang menyajikan masakan Jepang di Surabaya. Banyak pilihan yang bisa dituju. Salah satunya Resto Ebisu di Mercure Grand Mirama, Surabaya, yang menyajikan menu baru setiap periode tertentu.

Kali ini Ebisu menyajikan Sawara Teriyaki olahan Japanese Chef, Didik Yudianto. Dinamai Sawara Teriyaki karena terbuat dari bahan ikan tengiri. Jika biasanya menu Jepang menggunakan ikan salmon, kali ini Chef Didik menggunakan tengiri sebagai pengganti salmon. Ia menekankan, ikan tengiri harus fresh, karena cita rasa ikan fresh berpengaruh terhadap cita rasa makanan secara keseluruhan.

“Tengiri tak kalah enak dengan salmon, gampang didapat di sini, harganya terjangkau dan tekstur dagingnya lembut. Juga kaya omega 3 yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak maupun ibu hamil,” ujarnya.

Sawara Teriyaki beda dengan Teriyaki lainnya. Menurut Chef Didik, biasanya menu ini hanya disiram dengan saus teriyaki. Kali ini, ia mengkreasikan saus tersebut dengan campuran mayonnaise dan lime yang dioven lalu dituangkan pada Sawara.

Chef Didik menerangkan cara mengolah Sawara Teriyaki. Ikan tengiri yang sudah diberi bumbu lalu dimasak hingga setengah matang. Kemudian dimasukkan oven dengan suhu 300 derajat Celcius selama 5 menit. Sebelum dimasukkan oven, letakkan potongan lime yang sudah dilumuri saus mayonnaise di atas ikan tengiri. Lime ini untuk menghilangkan aroma amis dan memberikan rasa asam yang segar.

Setelah ikan dikeluarkan dari oven, lumuri dengan saus teriyaki dan siap disantap. Sawara Teriyaki disajikan satu paket komplit dengan nasi putih, sup, Yasai Tofu salad yang terbuat dari irisan wakame, tofu, wortel dan bawang Bombay. Tak ketinggalan french fries. Dijamin lezat dan kenyang.

“Sawara Teriyaki bisa dinikmati kapan saja, siang ataupun malam,” ujar Chef Didik.

Untuk minuman pendamping, ditawarkan Witches, kopi soda racikan Bar Captain Dimas Aprianto. Dinamai Witches, karena rasanya mampu menyihir lidah penikmatnya. Dimas sengaja meracik minuman kopi yang tidak biasa, karena dicampur soda. Menurut ia, Witches untuk mengakomodir mereka yang bosan dengan minuman kopi yang konvensional

Witches terbuat dari 70% kopi arabika dan 30% robusta. Bahan lainnya adalah susu kental manis 20 ml, sirup hazelnut 10 ml, single espresso 30-40 ml, mutiara satu sendok teh dan soda 150 ml. Cara meramunya, bahan-bahan tersebut dimasukkan satu demi satu ke dalam gelas, kemudian diberi garnish jeruk nipis dan daun mint.

“Untuk menikmatinya, Witches perlu diaduk dulu hingga rata agar rasanya tercampur. Minuman ini cocok dinikmati bersama Sawara Teriyaki,” ujar Dimas.

Penulis: Natalia Trijaji