Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > IEL University Series 2019; Liga Kampus Resmi Pertama di Indonesia

IEL University Series 2019; Liga Kampus Resmi Pertama di Indonesia

Ekonomi & Bisnis | Rabu, 30 Januari 2019 | 16:57 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
IEL University Series 2019; Liga Kampus Resmi Pertama di Indonesia

IEL University Series 2019; Liga Kampus Resmi Pertama di Indonesia

Sebanyak 12 kampus siap mengirimkan perwakilan untuk berlomba di season 1 dengan total hadiah Rp.1 miliar

Surabaya, Kabarindo- Dalam beberapa tahun terakhir, e-sports atau olahraga elektronik menjelma menjadi salah satu industri dengan potensi yang besar. Pertumbuhan ini tak lepas dari antusiasme luar biasa yang dibangun oleh para penggemar game di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Data dari Niko Partners, sebuah perusahaan riset pasar dan konsultansi yang berspesialisasi dalam industri game dan e-sports di Asia Tenggara dan Tiongkok, menunjukkan 41% dari 266 juta orang Indonesia setidaknya adalah gamer mobile atau PC kasual. Pendapatan untuk online PC dan mobile game di Indonesia mencapai 606 juta dolar AS pada 2018 yang diperkirakan mencapai 1,156 miliar dolar pada 2022.

Merespon antusiasme tersebut, MIX 360 ESPORTS sebagai entitas bisnis dengan komitmen mengembangkan industri e-sports di Indonesia, kini menggarap berbagai inisiasi untuk mengembangkan ekosistem e-sports di tanah air, mulai dari pembinaan bibit-bibit atlet dan caster e-sports profesional hingga menyiapkan manajemen tim e-sports berkualitas. Salah satu langkah awal MIX adalah peluncuran agenda olahraga terbaru IEL University Series 2019.

Ini merupakan kompetisi e-sports resmi pertama untuk tingkat universitas di Indonesia yang didukung penuh oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Komite Olimpiade Indonesia (KOI), Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) dan Indonesia E-sports Association (IESPA). Kompetisi ini juga disahkan oleh Federasi Electronic Sports Asia (AeSF) yang nantinya akan menjadi bagian dari liga universitas resmi di bawah naungan IESPA.

“Syarat utama untuk memajukan e-sports di tanah air adalah mengubah paradigma tradisional para orang tua dan institusi pendidikan terhadap e-sports sehingga mereka turut mendukung pembinaan talenta-talenta berbakat,” ujar Harry Kartono, Chief Operational Officer MIX 360 ESPORTS.

“Misi kami dalam penyelenggaraan IEL University Series 2019 adalah mempersiapkan calon atlet e-sports, khususnya di tingkat universitas, agar bisa masuk ke pelatnas Indonesia untuk SEA Games 2019 di Manila,” imbuhnya.

Eddy Lim, Presiden IESPA, mengatakan kompetisi IEL University Series 2019 sejalan dengan salah satu tujuan dibentuknya IESPA, yaitu menumbuhkan semangat berkompetisi yang sehat melalui e-sports sekaligus mendorong komunitas dan industri e-sports di Indonesia. Diharapkan akan muncul bibit unggul yang bisa berprestasi di kancah ke SEA Games tahun ini.

Inisiasi ajang e-sports tingkat mahasiswa tersebut mendapat sambutan Moonton, developer dari salah satu game Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) terbesar di dunia, Mobile Legends: Bang Bang.

“Adanya liga kompetitif resmi untuk e-sports adalah perkembangan besar bagi industri e-sports di Indonesia. Kami mendukung penuh penyelenggaraan IEL University Series 2019 untuk memajukan e-sports Indonesia,” tutur Lius Andre Saputra, Esports Manager Moonton Indonesia.

Razer, brand lifestyle terkemuka di dunia untuk gamers, adalah sponsor resmi utama dari IEL University Series 2019. Razer akan membagikan keahliannya dalam mengelola ekosistem hardware, software dan layanan terintegrasi terbesar bagi gamers, memastikan eksekusi tanpa cela bagi fans dan gaming enthusiast di Indonesia.

“E-sports dijadwalkan menjadi cabang olahraga yang memperebutkan medali pada Southeast Asian Games 2019 mendatang. IEL University Series 2019 adalah acara yang tepat untuk menampilkan talenta-talenta muda terbaik Indonesia dan mengenali atlet-atlet luar biasa yang berkesempatan mengibarkan bendera Indonesia di ajang SEA Games 2019,” ujar David Tse, Global Esports Director Razer.

Sebanyak 12 kampus terpilih siap mengirimkan perwakilan untuk meraih kejayaan di IEL University Series 2019 season 1 dengan total hadiah Rp.1 miliar. Dua cabang game yang dilombakan adalah Dota 2 dan Mobile Legends. Ke-12 universitas tersebut akan dibagi dua grup yang akan melakoni babak penyisihan secara online selama Januari-Maret 2019. Kemudian 4 tim terbaik dari masing-masing cabang akan bertanding di babak semifinal dan final pada akhir April 2019. Babak final akan berlangsung di LigaGame Arena.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER