Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Indosat Ooredoo; Siap Antisipasi Peningkatan Trafik Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Indosat Ooredoo; Siap Antisipasi Peningkatan Trafik Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Hiburan | Rabu, 13 Juni 2018 | 15:15 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Indosat Ooredoo; Siap Antisipasi Peningkatan Trafik Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Indosat Ooredoo; Siap Antisipasi Peningkatan Trafik Telekomunikasi Selama Libur Lebaran

Tingkatkan kapasitas layanan data, kapasitas suara & SMS

Surabaya, Kabarindo- Mendukung kelancaran berkomunikasi pelanggan selama mudik, Indosat Ooredoo telah menyiapkan jaringannya di sepanjang jalur mudik dan kota tujuan mudik.

Diprediksi terjadi peningkatan trafik telekomunikasi yang signifikan, yang diantisipasi dengan penyiapan kapasitas jaringan data, suara dan SMS.

Indosat Ooredoo telah meningkatkan kapasitas layanan data menjadi 11.394 TeraByte/hari untuk menangani kenaikan trafik data yang diprediksi meningkat 83,7% dibandingkan tahun lalu. Kapasitas suara juga ditingkatkan menjadi 37,49 juta Erlang/hari dan kapasitas SMS ditingkatkan menjadi 1,01 milyar SMS/hari.

Pada Lebaran kali ini ada dua hal baru yang dilakukan Indosat Ooredoo untuk mendukung kesiapan jaringan yaitu penggunaan spektrum baru untuk LTE di frekuensi 2100 MHz dan optimasi jaringan secara otomatis dengan SON (Self Organizing Network).

Dengan kombinasi LTE di 1800 MHz eksisting dan LTE di 2100 MHz yang baru dengan Carrier Aggregation, pelanggan bisa memanfaatkan kedua spektrum tersebut secara optimal. Hal ini akan memberikan kualitas dan kecepatan yang lebih baik bagi pelanggan untuk mengakses aplikasi-aplikasi yang mendukung kelancaran dan kenyamanan saat mudik dan berlebaran, seperti social media, navigasi, informasi dan hiburan.

Mobilitas pelanggan yang tinggi saat Lebaran membutuhkan aktivitas monitoring dan optimasi secara terpadu dan real time. Dengan mengimplementasikan Self Organizing Network (SON), Indosat Ooredoo dapat melakukan optimasi jaringan secara otomatis untuk menjaga kualitas jaringan khususnya di sepanjang jalur mudik dan kota-kota tujuan mudik.

”Berbagai upaya kami lakukan untuk menjamin kelancaran dan kenyamanan berkomunikasi selama perjalanan mudik dan libur Lebaran. Kami melibatkan lebih dari 1.800 tim teknis untuk mendukung operasional jaringan secara harian selama masa trafik tinggi,” ujar DejanKastelic, Chief Technology and Information Officer Indosat Ooredoo.

Upaya memastikan kualitas jaringan selama mudik juga dilakukan melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (i-NOC) sebagai pusat monitoring seluruh jaringan secara nasional. Kendala jaringan akan dapat diidentifikasi lebih awal, sehingga dapat diatasi sebelum dirasakan oleh pelanggan.

Sebelumnya dilakukan uji jaringan di jalur mudik Semarang-Demak-Kudus, Jawa Tengah, untuk melihat kesiapan jaringan di bagian jalur Pantura yang menjadi jalur mudik padat di pesisir utara Jawa Tengah menuju Jawa Timur. Dalam uji jaringan tersebut, diperoleh coverage 4G secara kontinyu di sepanjang rute Semarang-Demak-Kudus.

Juga dicoba berbagai aktivitas layanan yang biasa dilakukan pelanggan seperti download, live streaming, YouTube dan video call. Hasilnya menunjukkan sepanjang rute drive test, aktivitas streaming berjalan baik dan tanpa buffering.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER