Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hiburan > Iwan Sunito: Lokasi Sangat Penting Dalam Investasi Properti

Iwan Sunito: Lokasi Sangat Penting Dalam Investasi Properti

Hiburan | Selasa, 17 April 2018 | 07:28 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Iwan Sunito: Lokasi Sangat Penting Dalam Investasi Properti

Iwan Sunito: Lokasi Sangat Penting Dalam Investasi Properti

 

Lokasi menentukan tinggi rendahnya keuntungan investasi pada masa mendatang

Surabaya, Kabarindo- Lokasi berperan sangat penting dalam investasi properti. Karena itu, lokasi menjadi pertimbangan utama sebelum berinvestasi di bidang ini.

Hal itu ditegaskan Iwan Sunito, CEO dan Komisaris Crown Group, perusahaan pengembang properti terkemuka Australia yang berbasis di Sydney, dalam memberikan panduan perihal investasi properti.

“Untuk mulai berinvestasi properti, hal pertama yang harus diperhatikan adalah lokasi, lokasi dan lokasi, ujar pengusaha asal Indonesia ini.

Ia mengatakan, lokasi menjadi faktor utama selain reputasi pengembang dan desain bangunan, karena lokasi sangat menentukan tinggi rendahnya keuntungan investasi pada masa mendatang.

“Daerah yang akan dan sedang berkembang lebih menguntungkan, karena harga beli atau investasi awal akan lebih rendah dibandingkan daerah yang sudah jadi atau established. Kawasan pinggiran lebih menguntungkan jika dibandingkan dengan kawasan CBD, karena peningkatan harga lebih terukur, ujar Iwan.

Ia merujuk pada proyek selanjutnya Crown Group yang terletak di kawasan Eastlakes, pinggiran timur kota Sydney, Australia, sekitar 6 km dari CBD Sydney. Pada Mei 2018, Crown Group akan meluncurkan produk mixed-use terbaru senilai 1 miliar dolar Australia yang terdiri lebih dari 500 unit apartemen dan pusat perbelanjaan baru.

Meskipun terletak di pinggiran kota, Eastlakes dekat dengan daerah-daerah populer di Sydney. Hanya 3 menit menuju Alexandria, 6 menit ke Surry Hills, 8 menit ke Redfern, pusat kota sekitar 10-11 menit, pantai Coogee 10 menit, pantai Maroubra 12 menit, La Paraouse 17 menit, bandara domestik 6 menit dan bandara internasional 11 menit.

Kondisi demografis juga memberi gambaran bahwa kebutuhan apartemen juga kuat di kawasan Eastlakes. Sebanyak 46% dari total populasi terdiri dari usia produktif 20-34 tahun, sehingga tingkat sewanya 47% atau lebih tinggi dibandingkan tingkat sewa rata-rata di negara bagian New South Wales yang berkisar 28%. Hal ini terlihat dari peningkatan biaya sewa di Eastlakes selama 5 tahun terakhir yang mencapai 21%.

Menurut Iwan, kawasan pinggiran timur Sydney lebih diminati dibandingkan kawasan barat. Salah satunya karena terdapat institusi-institusi pendidikan terkemuka seperti UNSW, University of Sydney dan UTS. Juga terdapat sekolah menengah atas tekemuka seperti Sydney’s Boys High School dan Sydney’s Girls High School yang menempati peringkat ke-4 dan ke-5 di daftar sekolah terbaik di New South Wales.

Iwan menambahkan, dibandingkan dengan harga 5 tahun lalu, terjadi peningkatan harga rata-rata rumah tapak 95,6% atau sama dengan 14,4% per tahun untuk unit apartemen. Ia merujuk data yang dikeluarkan realestate.com.au yang menyebutkan harga rata-rata rumah tapak di kawasan Eastlakes mencapai kisaran 1.700.000 dolar Australia, sementara harga rata-rata unit apartemen sekitar 650.000 dolar Australia.

Iwan menganjurkan para calon investor untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang area yang ingin dijadikan investasi sebelum menjatuhkan pilihan. Semakin banyak informasi yang didapat, semakin akurat untuk mengambil keputusan, dan sekarang adalah saat yang tepat untuk berinvestasi properti.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER