Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Iptek > Jenius, blu by BCA Digital, BCA, BNI & Twitter Indonesia; Kampanyekan Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Jenius, blu by BCA Digital, BCA, BNI & Twitter Indonesia; Kampanyekan Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Iptek | Sabtu, 18 September 2021 | 12:25 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Jenius, blu by BCA Digital, BCA, BNI & Twitter Indonesia; Kampanyekan Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Jenius, blu by BCA Digital, BCA, BNI & Twitter Indonesia; Kampanyekan Edukasi Keamanan #DatamuRahasiamu

Wujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman

Surabaya, Kabarindo- Perkembangan teknologi dan digital telah menjangkau berbagai aspek kehidupan masyarakat Indonesia, salah satunya dengan kehadiran layanan perbankan digital. Tidak hanya menawarkan kenyamanan dan kemudahan, aspek keamanan juga menjadi fokus utama yang terus dikembangkan oleh berbagai penyedia layanan perbankan digital melalui penggunaan teknologi keamanan berlapis.

Demi mewujudkan ekosistem digital dan perbankan yang aman, diperlukan upaya kolaboratif antara penyedia layanan dan penggunanya. Penyedia layanan bertanggung jawab untuk mengembangkan keamanan yang berkelanjutan. Sementara pengguna layanan perlu waspada untuk membantu melindungi data dan dana miliknya, agar tidak disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Salah satu faktor penting untuk mewujudkan hal ini adalah edukasi yang terintegrasi dan berkelanjutan, agar dapat menjangkau masyarakat Indonesia lebih luas lagi.

Jenius dari Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA, BNI dan Twitter Indonesia menghadirkan program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu sebagai bentuk apresiasi kepada masyarakat Indonesia melalui rangkaian kegiatan edukasi keamanan. Program ini terinspirasi dari Bank Indonesia sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia, agar waspada terhadap berbagai modus penipuan.

Anton Daryono, Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis - DSSK (Departemen Surveilans Sistem Keuangan) Bank Indonesia, mengatakan akselerasi digital yang semakin cepat harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang.

“Semoga melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas,” ujarnya.

Irwan Tisnabudi, Digital Banking Head Bank BTPN, menambahkan edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan maksimal jika dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman. Untuk itu, pihaknya mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius.

Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital, mengatakan kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful. Bersama-sama, pihaknya akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi. Dari sisi institusi, harus punya sistem dan mekanisme yang teruji keamanannya. Sedangkan dari sisi kastemer, harus selalu berhati-hati dalam melakukan transaksi finansial.

“Penting bagi masyarakat modern untuk selalu mengikuti perkembangan berita dan teknologi, agar tidak memberi celah untuk oknum yang tidak bertanggungjawab,” ujarnya.

Rian Eriana Kaslan, Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI, menambahkan dengan adanya kampanye ini, pengguna layanan bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi juga merupakan tanggung jawab personal. Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank melalui telepon, chat platform, faks atau e-mail yang menanyakan data pribadi, termasuk password/ MPIN/PIN/OTP.

“Kolaborasi campaign #DatamuRahasiamu yang diikuti oleh partner-partner besar seperti ini sangat penting untuk mengedukasi nasabah akan pentingnya menjaga data rahasia pribadi. Kami sebagai pihak bank juga memiliki tanggung jawab besar terhadap keamanan data rahasia nasabah, salah satu bentuknya dengan terus konsisten memberikan edukasi kepada nasabah terkait bahaya cybercrime. Dengan adanya campaign besar seperti ini, nasabah dapat semakin menjaga kerahasiaan datanya," ujarnya.

Keamanan digital juga menjadi perhatian utama Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia. Dwi Adriansah, Country Industry Head, Indonesia, Twitter, menekankan salah satu prioritas utama di Twitter adalah menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi. Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga.

“Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat, agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital,” ujarnya.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER