Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Berita Utama > Juno itu Rianto; Bersua Dalam Narasi Ala Garin Nugroho

Juno itu Rianto; Bersua Dalam Narasi Ala Garin Nugroho

Berita Utama | Senin, 15 April 2019 | 18:08 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Juno itu Rianto; Bersua Dalam Narasi Ala Garin Nugroho

Jakarta,  Kabarindo- Film karya sutradara Garin Nugroho dan produser Ifa Isfansyah yang terbaru, KUCUMBU TUBUH INDAHKU, akan tayang di bioskop nasional Indonesia mulai tanggal 18 April 2019 

Dari rilis yang diterima redaksi, dikenal sebagai sutradara yang kerap menghadirkan tema-tema variatif tentang Indonesia, Garin Nugroho kembali menghadirkan film yang mengangkat seni dan tradisi. KUCUMBU TUBUH INDAHKU adalah film panjang ke-4 yang diproduksi oleh Fourcolours Films, rumah produksi independen yang dikenal dengan karya-karyanya yang telah menuai banyak penghargaan, seperti SEKALA NISKALA (Kamila Andini, 2017) dan SIT! (Eddie Cahyono, 2014 Film Terbaik Festival Film Indonesia 2015). 

Seorang penari Lengger, Rianto, menginspirasi Garin Nugroho menulis dan membuat film ini. "T ubuh kita ini menyimpan ingatan. Rangkaian ingatan tersebut menjadi sebuah sejarah manusia, sejarah tubuh dan trauma traumanya tersendiri yang bukan hanya personal, tapi juga merupakan representasi sosial dan politik yang dialami seorang individu Seorang penari Lengger yang harus menampilkan sisi maskulin dan feminin dalam satu tubuh adalah sebuah pergolakan ingatan tubuh yang sangat menantang," demikian tutur Garin Nugroho. “Ini yang saya tangkap dari cerita hldup Rianto. Dan ini yang ingin saya coba visualisasikan ke dalam film." 

"Pertama kali mendengar ide ini, saya langsung sangat tertarik karena ceritanya yang sangat menggelitik. Cerita tentang perjalanan tubuh kita. Buat saya, ini secara visual pasti akan sangat indah, apalagi digarap oleh sutradara sekaliber Garin Nugroho,” jelas Ifa Isfansyah sebagai produser “Selain itu, proses pembuatan film ini juga penting karena merupakan kolaborasi antar generasi dan maslng-masing generasi memberikan pandangannya yang berbeda-beda yang kemudian saling melengkapi," lanjutnya. 

KUCUMBU TUBUH INDAHKU bercerita tentang seorang penari Lengger di sebuah desa kecil di Jawa bernama JUNO. Kisah Juno diceritakan dalam 3 masa, yaitu Juno Kecil, Juno Remaja, dan Juno Dewasa Juno Kecil terpaksa harus hidup sendiri sejak ditinggal pergi oleh ayahnya. Di tengah kesendiriannya. Juno bergabung dengan sanggar tari Lengger Sejak itu, Juno harus hidup berpindah-pindah tempat. Seiring perjalanannya menjadi dewasa, Juno mendapat perhatian dan kasuh sayang dari beberapa orang terdekat di sekelilingnya. Ada guru tari, bibi penjual ayam, paman penjahit, seorang petinju, dan seorang Warok. Semua pengalaman yang dilaluinya membuat Juno memiliki sebuah perjalanan hidup yang membawanya kepada pemahaman akan keindahan hidup 

Rianto, yang kisahnya menginsiprasi film KUCUMBU TUBUH INDAHKU adalah penari dan koreografer ternama yang menguasai berbagai jenis tarian yang telah membawa tubuh maskul n da femlmmnya berkeliling dunia. Karyanya yang terkenal adalah Medium dan Softmachme Ka Medium telah dipentaskan 25 kali dan Softmachine telah dipentaskan sebanyak 56 kali dl be b negara, di Asia, Eropa, America, Africa. Rianto menjadu penari dari Akram Khan yang telah berke dunia dalam karyanya Until The Lion. Rianto berperan sebagai Juno Dewasa dalam film KUCUMBU TUBUH INDAHKU.

Tokoh Juno Remaja diperankan oleh Muhammad Khan dan film Ini menjadi film panjang pertamanya. Sejak tahun 2006, Khan adalah aktor teater yang aktif melakoni berbagai peran. Namun, memerankan Juno Remala merupakan tantangan tersendiri baginya. ”Delapan tahun saya mendalami senl bela diri silat, tubuh saya sudah terbiasa bergerak dan memiliki fleksibilitas. Tapi menari merupakan seni gerak yang lain lagi. Saya harus belajar mengasah rasa dan memasukkan 

rasa Itu dalam sebuah gerak tari. ini sungguh sebuah pengalaman yang baru dan menarik dan tentunya semakin memperkaya saya sebagai aktor," tutur Muhammad Khan. 

Selain kedua pemeran di atas, film ini juga melibatkan beberapa pemain lain seperti, Raditya Evandra (Juno Kecil), Sujiwo Tejo (Guru Lengger), Teuku Rifnu Wikana (Bupati), Randy Pangalila (Petinju), Whanl Dharmawan (Warok), Endah Laras (Bibi Juno) dan Windartl (Guru Tari). Selain Itu, musisi Mondo Gascaro menjadi pengisi soundtrack dan music composer dalam film lnl. 

Film KUCUMBU TUBUH INDAHKU bisa disaksiakan oleh publik dl Indonesia mulai tanggal 18 April 2019 di bioskop. 

Walau 17 tahun tapi tetap saja redaksi beranggapan narasi visual untuk 21+ agar bijak menikmatinya sebagai tontonan yang sarat pesan ala Garin Nugroho.


RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER