Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Ekonomi & Bisnis > Kebutuhan Pembiayaan Mei 2021 Meningkat; untuk Dukung Aktivitas Operasional

Kebutuhan Pembiayaan Mei 2021 Meningkat; untuk Dukung Aktivitas Operasional

Ekonomi & Bisnis | Selasa, 22 Juni 2021 | 12:10 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Kebutuhan Pembiayaan Mei 2021 Meningkat; untuk Dukung Aktivitas Operasional

Kebutuhan Pembiayaan Mei 2021 Meningkat; untuk Dukung Aktivitas Operasional

Hasil survei permintaan dan penawaran pembiayaan perbankan Mei 2021

Surabaya, Kabarindo- Kebutuhan pembiayaan korporasi pada Mei 2021 terindikasi meningkat.

Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Erwin Haryono, mengatakan Saldo Bersih Tertimbang (SBT) kebutuhan pembiayaan korporasi pada Mei 2021 sebesar 16,1%, tetap positif, meski lebih rendah dibandingkan dengan SBT sebesar 24,8% pada April 2021.

Peningkatan kebutuhan pembiayaan terutama disampaikan oleh responden pada sektor perdagangan, reparasi mobil dan motor, pertambangan dan jasa kesehatan, yang digunakan untuk mendukung aktivitas operasional, membayar kewajiban yang jatuh tempo, mendukung pemulihan pasca new normal dan investasi.

“Pemenuhan kebutuhan pembiayaan didominasi oleh dana sendiri yang tercatat meningkat, sementara porsi pinjaman perbankan dalam negeri dan pinjaman dari perusahaan induk terindikasi menurun dibandingkan periode sebelumnya,” papar Erwin.

Penambahan pembiayaan yang dilakukan oleh rumah tangga pada 3 bulan ke depan masih terbatas. Pada Mei 2021, penambahan pembiayaan oleh rumah tangga lebih terbatas dari bulan sebelumnya. Pengajuan pembiayaan oleh rumah tangga tersebut terutama diperoleh dari bank umum, dengan jenis pembiayaan yang diajukan mayoritas berupa Kredit Multi Guna (KMG).

Dari sisi penawaran perbankan, penyaluran kredit baru pada Mei 2021 tetap tumbuh meski terindikasi melambat dibandingkan bulan sebelumnya. Berdasarkan kelompok bank, pertumbuhan penyaluran kredit baru pada Mei 2021 diprakirakan terjadi pada seluruh kategori bank. Sementara itu, untuk keseluruhan periode triwulan II/2021, penyaluran kredit baru diprakirakan tumbuh lebih tinggi dibandingkan triwulan sebelumnya. Hal ini terindikasi dari SBT perkiraan penyaluran kredit baru sebesar 73,9%.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER