Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > LINE; Luncurkan Kampanye Stop Fake News

LINE; Luncurkan Kampanye Stop Fake News

Hukum & Politik | Minggu, 29 September 2019 | 21:02 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
LINE; Luncurkan Kampanye Stop Fake News

LINE; Luncurkan Kampanye Stop Fake News

​​Terdiri dari edukasi melalui video animasi dan seminar yang akan diadakan di beberapa wilayah, berkolaborasi dengan AP

​Surabaya, Kabarindo- LINE Plus Corporation, anak perusahaan dari LINE Corporation yang berbasis di Korea, meluncurkan kampanye yang didukung oleh The Associated Press (AP), jaringan media global, untuk mengidentifikasi dan menjawab permasalahan mengenai berita palsu dan misinformasi di media daring.

Mengusung tema Stop “Fake News”, kampanye ini bertujuan untuk membantu meningkatkan literasi media pengguna dan mengupayakan ruang lingkup digital yang lebih aman.

LINE telah lama menyadari isu sosial yang berkembang dan diakibatkan oleh fake news, istilah untuk “kebohongan atau fiksi yang dibungkus menjadi berita yang beredar di internet” menurut 2019 AP Stylebook. Maka LINE memutuskan untuk berkolaborasi dengan AP untuk membuat kampanye CSR global guna mengedukasi masyarakat mengenai karakteristik fake news, bagaimana mengidentifikasinya dan bagaimana berbagi informasi dengan tanggung jawab.

Kampanye tersebut merilis video edukasi berbentuk animasi yang berisi proses cara mengecek kredibilitas berita sebelum membagikannya kepada orang lain. Video edukasi ini akan tersedia dalam Bahasa Inggris, Thailand, Indonesia, Mandarin dan Jepang.

Senada dengan isi video edukasi, seminar edukasi untuk belajar bagaimana mengidentifikasi fake news akan diadakan pada bulan ini di wilayah tertentu seperti Thailand, Taiwan dan Indonesia. Seminar ini akan berisi mengenai cara untuk mengetahui fake news dengan penjelasan dan konsekuensi penyebarannya serta timbulnya misinformasi pada jejaring daring. Di Indonesia, seminar ini akan didukung oleh Masyarakat Anti Fitnah Indonesia (MAFINDO).

Sebelum kampanye Stop Fake News diluncurkan, LINE Indonesia beberapa kali mengadakan program yang bertujuan sama, untuk meningkatkan literasi media dan digital kepada para penggunanya. Salah satunya dengan mengadakan talkshow Pemuda Peduli Pemilu yang diadakan dalam rangka meningkatkan minat para pemuda terhadap pemilu dan bagaimana mengidentifikasi berita palsu selama pemilu berlangsung. LINE TODAY juga memiliki rubrik mingguan setiap Sabtu bertajuk ‘Awas Hoaks’ yang merangkum beberapa Hoaks yang tersebar pada minggu itu.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER