Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Mahasiswa ITS Buat Kaca Berlapis Zeolit; Kurangi Efek Pemanasan Global

Mahasiswa ITS Buat Kaca Berlapis Zeolit; Kurangi Efek Pemanasan Global

Hukum & Politik | Jumat, 6 Juli 2018 | 13:36 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Mahasiswa ITS Buat Kaca Berlapis Zeolit; Kurangi Efek Pemanasan Global

Mahasiswa ITS Buat Kaca Berlapis Zeolit; Kurangi Efek Pemanasan Global

Zeolit-Y efektif menyerap gas karbondioksida 33,15%

Surabaya, Kabarindo- Polusi kerap menjadi sumber atau pemicu pemanasan global. Salah satu jenis polutan atau bahan yang mengakibatkan polusi adalah gas karbondioksida.

Keberadaan gas karbondioksida di atmosfer yang melewati ambang batas akan mendorong kenaikan permukaan laut dan meningkatkan suhu bumi. Terlebih jika dibiarkan terus menerus, akan mengakibatkan musim kemarau yang berkepanjangan.

Beranjak dari kondisi tersebut, tiga mahasiswa dari Departemen Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil mengurangi kadar gas karbondioksida dengan kaca berlapiskan Zeolit-Y. Mereka adalah Nadia Lailatus Sadiyah, Aristin Putri Kusuma Anggraini dan Awanda Gita, dengan pencetus ide dan pengarah adalah Randy Yusuf Kurniawan.

Zeolit-Y adalah material berpori, terdiri dari mineral aluminosilikat yang terikat satu sama lain membentuk struktur oktahedral. Menurut tim, struktur oktahedral tersebut akan menghasilkan rongga-rongga di dalam material yang berfungsi menyerap gas karbondioksida.

Randy menjelaskan, Zeolit-Y efektif menyerap gas karbondioksida, karena ukuran rongganya yang hampir sama dengan ukuran molekul karbondioksida. Selain itu, kandungan silikanya yang tinggi dibandingkan zeolit lain membuat sifat hidrofobitasnya atau sifat fisik molekul yang tidak suka air juga tinggi.

Sifat tersebut sama dengan sifat komponen kaca pada umumnya, sehingga Zeolit-Y digunakan sebagai zat pendukung pada serat kaca. “Serat kaca merupakan bahan pembuat kaca yang berbentuk seperti lembaran benang,” jelas Awanida, anggota tim.

Dari hasil penelitian, efisiensi penyerapan gas karbondioksida menunjukkan angka 33,15%. Artinya, sebanyak 33,15% gas karbondioksida mampu diserap oleh kaca berlapis zeolit ini.

“Angka tersebut cukup tinggi dibandingkan Zeolit-Y tanpa serat kaca yang hanya menghasilkan efisiensi 27,76%,” sambung mahasiswa semester lima tersebut.

Kaca berlapis zeolit ini diharapkan tim bisa dipakai di gedung-gedung dan perumahan sebagai bentuk kepedulian terhadap efek pemanasan global. “Kami sangat bangga jika inovasi kami bisa benar-benar diterapkan dan dikembangkan lagi,” ujar mahasiswa asal Gresik itu.

Inovasi yang dirancang ketiga mahasiswa tersebut telah lolos mendapatkan pendanaan dari Ditjen Dikti dan diharapkan bisa lolos bertarung di ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) 2018 di Yogyakarta.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER