Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Hukum & Politik > Mahasiswa Teknik Sipil ITS; Sumbang Beragam Prestasi

Mahasiswa Teknik Sipil ITS; Sumbang Beragam Prestasi

Hukum & Politik | Selasa, 19 Juni 2018 | 14:48 WIB
Editor : Natalia Trijaji

BAGIKAN :
Mahasiswa Teknik Sipil ITS; Sumbang Beragam Prestasi

Mahasiswa Teknik Sipil ITS; Sumbang Beragam Prestasi

Di tingkat nasional maupun internasional

Surabaya, Kabarindo- Para mahasiswa Teknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya sepanjang tahun ini banyak menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional.

Saputra Mamman, Koordinator Divisi Citra (Divisi Himpunan Mahasiswa yang menangani perlombaan) Teknik Sipil ITS, mengatakan total ada enam prestasi yang berhasil dicapai rekan-rekannya sepanjang tahun ini. Prestasi yang dicapai dengan mengikuti bermacam lomba itu membuktikan bahwa sejak di bangku kuliah, mahasiswa Teknik Sipil ITS selalu dituntut untuk inovatif dan produktif.

Menurut Mamman, keberhasilan dalam menjuarai berbagai lomba ini tak lepas dari motivasi yang diberikan alumni dan kaderisasi oleh Departemen Teknik Sipil ITS. Selama ini kaderisasi yang dilakukan dinilai efektif guna meningkatkan skill dan motivasi mahasiswa untuk terus berkarya dan berprestasi.

“Kami mendapatkan dukungan penuh dari alumni, ketika kami mengikuti lomba seperti ini. Mereka selalu mendampingi kami dan mentoring kami sampai selesai perlombaan,” ujar Mamman.

Salah satu prestasi yang baru saja ditorehkan oleh jurusan yang mengusung visi Menjadi Pusat Rujukan Bidang Teknik Sipil Indonesia itu adalah pada ajang International Roof Truss Design Competition dengan nama tim Hanoman S58. Mereka sukses mengantongi predikat Most Innovative Category Winner pada lomba tingkat internasional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta pada Mei lalu.

Tim Hanoman S58 yang terdiri dari tiga mahasiswa yaitu Nugraha Alfanda Wildan, Amri Taqwimbo Zamzami dan Dyah Sukma Putri Andini ini berhasil menjuarai lomba dengan mengusung terobosan Roof Truss (kuda-kuda rumah), yang menawarkan keunggulan dari bentuk estetika desain Roof Truss. Roof Truss mereka diberi nama Kajang Lego Truss.

“Jika desain Roof Truss rumah pada umumnya plat sambungnya ada di luar, ini kami pasang di dalam, sehingga dari sisi keindahan akan lebih terlihat bagus,” jelas Ketua Tim Hanoman S58, Nugraha Alfanda Wildan.

Selain itu, pada awal Mei lalu, tim Achilles 59 Teknik Sipil ITS berhasil mendapatkan juara 1 pada lomba tingkat nasional Civil Expo 2018 dengan tema Earthquake Resistance Design Competition yang diadakan Universitas Kristen Petra.

Mereka berhasil menjuarai lomba tersebut dengan menghadirkan desain bangunan tahan gempa. Mengusung inovasi pada brassing dinding dan lantai, desain bangunan mereka tahan hingga frekuensi 3 Hz dan mampu menahan beban total 9,5 kg dengan berat struktur 118 gram.

“Kalau tim lain kebanyakan menggunakan Brassing yang berbentuk huruf A, kami memakai desain dengan bentuk huruf X yang membuat bangunan lebih kaku dan ketika diuji gempa tidak mudah hancur,” papar ketua tim Achiless 59, Ilham Margianto.

Mamman menambahkan, selain dua prestasi tersebut, pada Februari - April lalu mereka juga berhasil membawa pulang empat predikat juara. Yaitu juara 1 Kompetisi Rancang Bangun di Universitas Udayana Bali, juara 2 Civil Festival di Politeknik Negeri Jakarta, juara Harapan 2 Green Building Innovation Center 2018 di Universitas Islam Sultan Agung Semarang dan juara 1 Sipil Expo 2018 di Universitas Mercu Buana Jakarta.

Penulis: Natalia Trijaji


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER