Mastercard Academy 2.0; Dorong Pengembangan Human Capital

Mastercard Academy 2.0; Dorong Pengembangan Human Capital

Mastercard Academy 2.0; Dorong Pengembangan Human Capital

Percepat transformasi digital Indonesia

Surabaya, Kabarindo- Mastercard telah meluncurkan Mastercard Academy 2.0, sebuah flagship program yang dirancang untuk memberikan pengetahuan serta keterampilan digital yang penting kepada berbagai segmen masyarakat Indonesia.

Program ini diharapkan dapat membekali 100.000 warga Indonesia - meliputi anak usia sekolah, anak muda, pengusaha dan profesional di level menengah dalam karir - dengan keterampilan digital yang diperlukan untuk berkembang dan secara aktif berpartisipasi dalam perjalanan transformasi digital Indonesia hingga 2022.

Mastercard menyadari dampak transformasi digital terhadap perekonomian dunia dan percaya bahwa ekonomi digital harus dapat memberikan manfaat untuk semua orang dimana pun mereka berada.

Menciptakan generasi tenaga kerja baru Indonesia yang memiliki keterampilan teknologi berkualitas tinggi serta berpartisipasi secara inklusif dan adil dalam ekonomi digital merupakan prioritas utama bagi pemerintah Indonesia. Indonesia saat ini mengalami kekurangan tenaga ahli teknologi yang berpotensi membatasi pertumbuhan industri teknologi yang diperkirakan berdampak ekonomi sebesar 21,8 milliar dolar AS dari hasil yang belum terealisasi. Selain itu, pada 2030 akan ada kekurangan tenaga ahli teknologi, media dan telekomunikasi (TMT) sebesar 600 ribu hingga 1,2 juta pekerja. Seiring pertumbuhan dan transformasi Indonesia, penting untuk membekali masyarakat dengan keterampilan yang tepat agar dapat menjadi pemain dan pendorong ekonomi digital masa depan negara.

Mastercard Academy 2.0 dirancang khusus dengan pembangunan human capital yang berkelanjutan. Mastercard mengambil pendekatan yang menyeluruh untuk merespon ajakan Presiden Joko Widodo kepada sektor swasta untuk berinvestasi bersama pemerintah dan menjembatani kesenjangan keterampilan. Mastercard memiliki pengalaman puluhan tahun di bidang keterampilan teknologi, menggabungkan semua keberhasilan dan pembelajaran dari seluruh dunia untuk menciptakan Mastercard Academy 2.0.

Mastercard percaya bahwa kolaborasi dapat menghasilkan kemajuan eksponensial. Mastercard juga akan bekerja sama dengan berbagai organisasi pendidikan Indonesia terkemuka untuk menciptakan kurikulum pendidikan dan sertifikasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Mastercard mengumumkan organisasi nirlaba lokal YCAB Foundation dan lembaga pendidikan digital terkemuka, Infra Digital Foundation, sebagai mitra Mastercard Academy 2.0.

Mike Froman, Vice Chairman and President Strategic Growth Mastercard, mengatakan mempercepat pembangunan human capital adalah kunci untuk menciptakan ekonomi yang adil, inklusif dan berkelanjutan. Mastercard berkomitmen untuk membantu para pemimpin perkotaan dengan teknologi, data dan kemitraan untuk mengembangkan berbagai solusi yang dapat memberdayakan lebih banyak orang untuk berpartisipasi dalam ekonomi formal dan membantu para pekerja menavigasi perubahan cara kerja.

“Dukungan dari semua pihak diperlukan guna memastikan ekonomi digital bermanfaat untuk semua orang, di mana pun mereka berada,” katanya.

Penulis: Natalia Trijaji