Burger Menu
Logo

KABAR BAIK MENCERAHKAN

-advertising-

Beranda > Gaya hidup > Mau Tahu: Keistimewaan Si Tangan Kidal?

Mau Tahu: Keistimewaan Si Tangan Kidal?

Gaya hidup | Senin, 30 April 2018 | 15:00 WIB
Editor : ARUL Muchsen

BAGIKAN :
Mau Tahu: Keistimewaan Si Tangan Kidal?

Jakarta, Kabarindo– Sepuluh persen dari total 7,6 miliar manusia di dunia adalah orang kidal. Orang kidal tidak hanya menggunakan tangan kiri mereka untuk menulis, makan, menyisir rambut, sampai mengupil, namun juga mengunyah di sisi kiri mulut dan melangkah lebih dulu dengan kaki kiri. 

Apa, sih, yang menyebabkan orang kidal? Berikut penjelasannya. Simak pemaparan yang diberikan Hello Sehat (hellosehat.com) berikut ini.
Bayi sudah bisa menggerakkan tangannya sejak dalam kandungan
Dikutip dari Medical Daily, kecenderungan untuk lebih memakai salah satu sisi tangan sudah terbentuk sejak dalam kandungan — tepatnya di minggu ke-8 kehamilan. Sementara itu, kebiasaan mengemut jempol dengan salah satu sisi tangan muncul di minggu ke-13 berdasarkan pemeriksaan lewat USG.
Sebuah tim peneliti gabungan dari Belanda, Inggris, dan Cina menemukan bahwa penyebab seseorang bisa menjadi kidal berasal dari saraf di sumsum tulang belakang. Temuan ini membantah teori-teori lama yang menyebut bahwa otak adalah menjadi penentu utamanya.
Awalnya, banyak peneliti yang mengira korteks motorik otaklah yang mengirimkan sinyal ke sumsum tulang belakang untuk menggerakkan tangan dan kaki. Namun penelitian tersebut melaporkan bahwa korteks motorik bahkan belum terhubung ke sumsum tulang belakang di usia kehamilan 8 minggu. Padahal, bayi sudah bisa menggerakkan tangan ke arah yang lebih disukainya di usia tersebut. Dengan kata lain, bayi sudah bisa memulai gerakan dan memilih tangan favoritnya sebelum otak mulai mengendalikan gerak tubuhnya.
Faktor genetik dan lingkungan memengaruhi kecenderungan seseorang untuk bertangan kidal
Para peneliti dari Ruhr University Bochum, Jerman, mengamati rangkaian DNA di sumsum tulang belakang bayi pada minggu ke-8 hingga ke-12 kehamilan. Mereka menemukan bahwa rangkaian DNA dalam segmen saraf yang mengendalikan gerak kaki dan tangan di kanan dan kiri sumsum tulang cukup berbeda jauh. 
“Ini bukan hal yang mustahil karena banyak serabut saraf menyeberang dari satu sisi ke sisi lain di batas antara otak belakang dan sumsum tulang belakang,” jelas Carolien de Kovel, penulis utama studi dan peneliti di Max Plank Institute for Psycholinguistics. Peneliti menyimpulkan bahwa perbedaan ini bisa dipengaruhi oleh lingkungan, yang nantinya akan berpengaruh pada tumbuh kembang bayi. 
Sederhananya, perkembangan tangan kidal sudah terjadi semenjak dalam kandungan. Faktor genetik dan paparan lingkungan selama kehamilan sama-sama berperan menjadikan seseorang bertangan kiri, tutup de Kovel.
Jadi orang kidal justru banyak keunggulannya
Meski termasuk “populasi langka”, Anda yang bertangan kidal jangan berkecil hati. Pangeran William, Bill Gates, Oprah Winfrey, Barack Obama, Kurt Cobain, hingga Maradona adalah tokoh terkenal dunia yang bertangan kiri.
Penelitian mengungkapkan beberapa keistimewaan menjadi orang kidal, di antaranya:


Lebih kreatif
Menurut penelitian di Journal of Mental and Nervous Disease, musisi, pelukis, dan penulis kebanyakan cenderung kidal. Michael Corballis, PhD, spesialis otak sekaligus seorang psikolog di University of Auckland di Selandia Baru menunjukkan fakta orang kidal cenderung berpikiran kreatif untuk menyelesaikan masalah
Orang kidal cenderung cerdas
Menurut sebuah studi dari St. Lawrence University, Amerika, orang kidal cenderung cerdas. Banyak orang-orang kidal yang memiliki IQ lebih dari 140 seperti Da Vinci, Michelangelo, Einstein, dan Newton. Selain itu orang kidal biasanya lebih doyan mengamati dan memiliki kemampuan berbahasa yang baik.
Bisa pakai dua tangan
Banyaknya perkakas rumah tangga dan kegiatan yang ditujukan untuk orang-orang tangan kanan pada akhirnya “memaksa” orang kidal untuk mengikuti arus dan melatih tangan kanannya. Hasilnya, tak jarang orang kidal yang akhirnya mampu menggunakan kedua tangannya dengan sama baik. Orang-orang ini disebut sebagai ambidexterous, dan bahkan lebih langka lagi populasinya di seluruh dunia.


TAGS :
RELATED POSTS


Home Icon


KATEGORI



SOCIAL MEDIA & NETWORK

Kabarindo Twitter Kabarindo Instagram Kabarindo RSS

SUBSCRIBE & NEWSLETTER