Mendikbud Muhadjir; Sukses Menandatangani Prasasti Pembangunan SMA-SMK Sul-Sel

Mendikbud Muhadjir; Sukses Menandatangani Prasasti Pembangunan SMA-SMK Sul-Sel

Makassar, SulSel - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI Muhadjir Effendy memuji Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo sebagai gubernur yang membanggakan dan merupakan sosok yang luar biasa.

Syahrul, menurut Mendikbud, telah melakukan berbagai hal serta inovasi di bidang pendidikan di Sulsel, termasuk yang akan dinikmati manfaatnya, baik generasi saat ini maupun yang akan datang.

"Warga Sulsel wajib bersyukur punya sosok gubernur Pak Syahrul yang luar biasa. Ia telah meninggalkan tonggak sejarah di Sulsel yang akan dinikmati oleh masyarakat dan anak cucu kita," kata Muhadjir seperti dikutip dari laman antaranews.

Hal itu ia sampaikan pada acara Peresmian dan Penandatanganan Prasasti Pembangunan SMA dan SMK melalui DAK Pendidikan Tahun Anggaran 2017 di SMA 10 Makassar di Antang Makassar, Jumat.

Adapun jumlah bangunan SMA dan SMK melalui Dana Alokasi Khusus Tahun 2017 yang diresmikan sebanyak 253 bangunan.

Salah satu inovasi yang disebutkan oleh Mendikbud adalah Rapat Koordinasi dan Forum SKPD Bidang Pendidikan yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan.

"Ini adalah rapat koordinasi SKPD pertama yang dilakukan oleh provinsi yang ada di Indonesia. Karena pendidikan tidak bisa hanya ditangani oleh kepala dinas semata dan ini luar biasa, akan saya anjurkan sebagai contoh untuk provinsi lain," ungkapnya.

Ia juga menyebutkan sosok pemimpin yang baik dimiliki oleh Syahrul, yang selain berprestasi, juga mampu meninggalkan sesuatu yang bermanfaat.

Diketahui, Syahrul adalah pioner berbagai ide atau gagasan tentang pendidikan di Indonesia, diantaranya Sulsel adalah pendidikan gratis nasional yang dimulai dari Sulsel, beasiswa SPP gratis mahasiswa, dan program seribu doktor luar negeri.

Syahrul juga memberikan kontribusi dengan berhasil menghadirkan Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) di Sulsel, sebagai satu-satunya di luar pulau Jawa. Mendikbud menyebutkan akan mengkaji pusat pendidikan dan pelatihan guru yang akan dibangun di Sulsel pada tahun ini.

"Saya akui pendidikan Sulsel salah satu yang terbaik dan menjadi prototipe dan model, kemungkinan kita akan bangun pusat pengembangan guru," ujarnya.

Sementara itu, Syahrul mengatakan urusan pendidikan adalah hal yang paling patut menjadi perhatian serius. "Kalau begitu kewajiban kita, termasuk guru, adalah tidak membuat negeri ini kalah dengan negara lain, dan itu dimulai dari pendidikan," katanya menyebutkan.

Selain itu, Syahrul dan Muhadjir meresmikan masjid Syahrul Muhadjir yang berada dilingkup SMA 10 Makassar, nama masjid ini diambil dari nama Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy.